Persiapan Maksimal Peserta Audisi Indonesian Idol 2024 Medan, Sewa Guru Vokal hingga Bikin Lagu Sendiri

Persiapan Maksimal Peserta Audisi Indonesian Idol 2024 Medan, Sewa Guru Vokal hingga Bikin Lagu Sendiri

Gaya Hidup | sindonews | Sabtu, 14 September 2024 - 20:20
share

Ribuan peserta audisi Indonesian Idol 2024 memadati Gelanggang Mahasiswa Universitas Sumatra Utara (USU), Sabtu (14/9/2024). Mereka datang sejak pagi untuk mendapatkan kesempatan lebih besar dalam meraih cita-cita sebagai the next Indonesian idol.

Para peserta datang dengan berbagai model penampilan sesuai dengan karakter masing-masing. Ada pula yang terlihat membawa serta alat musik untuk melengkapi performa mereka di depan juri lokal (precaster).

Salah satu peserta Indonesian Idol yang lulus audisi yakni Mey Permata Tarigan asal Kabanjahe, Karo. Mey merasa senang karena bisa lolos dari proses penjurian bersama juri precaster. Ia berharap perjalanan untuk menuju final dapat dimudahkan.

Baca Juga: 3.500 Anak Medan Mendaftar Audisi Indonesian Idol 2024

"Pas audisi tadi, saya membawakan sekitar 4 lagu, jika di lagu pertama belum dapat karakternya, maka disuruh menyanyi kembali dengan lagu lain. Dan senangnya saya, saya bisa membawakan lagu ciptaan saya sendiri berjudul Terjeng Teman (sebatas teman)," tutur mahasiswa lulusan USU jurusan Ilmu Sosial dan Politik tahun 2020 itu.

Mey Permata mengaku, ini adalah kedua kali ia mengikuti audisi Indonesian Idol dan memperloleh jalur undangan. Di tahun 2022, ia sudah melenggang ke Jakarta namun tidak lolos.

"Tahun ini persiapannya lebih matang di banding tahun lalu, doakan bisa sampai final sehingga bisa membanggakan Sumatera Utara khususnya Kabupaten Karo. Menyanyi adalah fesyen saya dan bekerja sebagai penyanyi adalah cita-cita saya," tuturnya.

Sementara, Siti (20), peserta dari Banda Aceh mengatakan, baru pertama kali mengikuti audisi Indonesian Idol. Ia ingin mencoba keberuntungan di dunia tarik suara.

"Memang ingin ikut dan hobi saya bernyanyi. Sebelumnya hanya ikut lomba menyanyi di tingkat SMP dan SMA. Untuk belajarnya secara autodidak dan pas mau lomba ada guru vokal yang mengajari saya," kata mahasiswi Universitas Syiah Kuala, Aceh, itu.

Siti yang datang didampingi ibunya, Kurniati mengaku, sudah menunjukkan penampilan yang terbaik di hadapan para juri.

"Ini juga faktor keberuntungan. Bagi kita bagus namun bagi juri tidak, juri kan ada penilaian sendiri. Kita hanya berusaha menampilkan yang terbaik, jika tidak lolos maka kita ulang lagi," katanya.

Baca Juga: Pukau Judika, Dua Perempuan Ini Lolos Audisi Indonesian Idol XIII Medan Sementara itu, Head of Production Operation RCTI Agung Priyatno mengatakan, hari ni adalah audisi pertama di Kota Medan. Kota Medan menjadi kota ke-10 untuk audisi Indonesian Idol di tahun 2024 ini. Indonesian Idol memiliki ekspektasi yang tinggi untuk Kota Medan karena Medan merupakan kota yang selalu menghasilkan idola-idola baru di Indonesia.

"Harapan kami juga cukup besar untuk peserta di Kota Medan. Antusiasme peserta sangat tinggi, ada 3.500-an peserta dan hingga hari ini masih banyak yang mendaftar secara langsung," kata Agung.

Agung menjelaskan, tahapan audisi yang mereka lakukan hari ini dan besok adalah tahap penjurian lokal, di mana para peserta audisi akan menjalani audisi bersama para juri lokal (precast). Mereka yang lulus precast akan mengikuti video booth dan yang lolos akan dibawa ke Jakarta untuk mengikuti penjurian bersama para juri artis. "Kalau tidak lolos di tahap precast, peserta bisa terus mengulang sampai mereka puas mencoba. Kita berikan mereka kesempatan untuk istirahat dulu dan menyiapkan diri sebelum kembali mengikuti precast," ujar Agung.

"Peserta bisa terus mencoba. Kalau gagal hari ini bisa mencoba lagi besok. Yang pasti sampai mereka puas mencoba dan menerima hasilnya. Kalau besok nggak lolos juga, bisa coba lagi tahun depan," lanjutnya.

Di Medan sendiri tercatat hampir 4 ribu peserta yang sudah mendaftar. Jumlah pendaftar juga terus bertambah seiring dengan banyaknya peserta yang datang langsung ke lokasi audisi tanpa mendaftar sebelumnya. Secara keseluruhan dari 10 kota audisi yang sudah dilaksanakan, sudah lebih ada sekira 35 ribu peserta audisi yang mendaftar.

Tahap audisi final Indonesian Idol 2024 bakal dilakukan hingga pertengahan November 2024. Putaran final Indonesian Idol 2024 akan digelar pada akhir November 2024.

Topik Menarik