Youtuber iShowSpeed Sebut Batik Berasal dari Indonesia bukan Malaysia

Youtuber iShowSpeed Sebut Batik Berasal dari Indonesia bukan Malaysia

Gaya Hidup | inews | Rabu, 18 September 2024 - 08:23
share

JAKARTA, iNews.id - Youtuber iShowSpeed berkunjung ke Malaysia. Di momen itu, dia diberikan kemeja batik oleh seorang fans dan coba mencari tahu apa itu batik. 

Tak hanya satu, fans itu memberikan tujuh kemeja batik yang disebutnya sebagai 'traditional wear from Malaysia'. iShowSpeed pun tampak memilih mana yang akan dia pakai dan dipilihlah satu kemeja batik berwarna dasar biru dengan motif floral.

iShowSpeed pun tampak bahagia menerima hadiah dari fansnya itu. Lalu, dia coba mencari tahu apa itu batik melalui ponselnya dan menemukan informasi bahwa batik berasal dari Indonesia, bukan Malaysia. 

iShowSpeed menerima hadiah tujuh kemeja batik dari seorang fans Malaysia. (Foto: Youtube)
iShowSpeed menerima hadiah tujuh kemeja batik dari seorang fans Malaysia. (Foto: Youtube)

"So, batik is from Indonesia," kata iShowSpeed di konten Youtube-nya yang kini sudah ditonton lebih dari 8 juta kali, dikutip Rabu (18/9/2024). 

Setelah membaca pernyataan tersebut, iShowSpeed tampak bingung, "Wait, apakah batik berasal dari Indonesia atau Malaysia?". Lalu dia bilang, "Kenapa dia (fans yang memberinya kemeja batik) bilang kalau batik dari Malaysia?". 

Karena bingung, iShowSpeed bertanya ke sopir yang diketahui asli orang Malaysia. Kemudian si sopir menerangkan kalau yang dikenakan iShowSpeed adalah batik Malaysia, mengacu pada motif floral yang ada di kemeja tersebut. 

"Untuk yang dipakai, itu batik Malaysia. Motif floral khas Malaysia," kata si sopir. 

iShowSpeed mengenakan kemeja batik pemberian fansnya dari Malaysia. (Foto: Youtube)
iShowSpeed mengenakan kemeja batik pemberian fansnya dari Malaysia. (Foto: Youtube)

Menariknya, karena video itu adalah tayangan langsung, kolom komentar Youtube iShowSpeed langsung ramai membahas soal batik. Banyak fansnya mengklarifikasi kalau batik berasal dari Indonesia, seperti yang iShowSpeed katakan di awal. 

"Kenapa di chat saya, orang-orang bilang kalau batik berasal dari Indonesia?" tanya iShowSpeed. 

Sebagai informasi, UNESCO mengakui secara sah bahwa batik adalah warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia. Pengakuan batik sebagai warisan dunia berlaku sejak UNESCO menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and the Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009. 

Namun, tak bisa dipungkiri Malaysia pun memiliki batik khas negaranya sendiri. 

Topik Menarik