5 Bisnis dan Perusahaan Milik Pangeran Harry-Meghan Markle, Salah Satunya Kerja Sama dengan Netflix

5 Bisnis dan Perusahaan Milik Pangeran Harry-Meghan Markle, Salah Satunya Kerja Sama dengan Netflix

Gaya Hidup | sindonews | Senin, 9 September 2024 - 14:10
share

Ada sejumlah perusahaan milik Pangeran Harryyang menarik diketahui. Salah satunya bernama Archewell Productions.

Pangeran Harry dan Meghan Markle memilih mengundurkan diri dari status mereka sebagai anggota penuh waktu keluarga kerajaan Inggris pada 2020. Sebagai ganti, pasangan ini menetap di negara bagian asal Meghan, California, Amerika Serikat.

Setelah keluar dari Kerajaan Inggris, Pangeran Harry dan Meghan Markle berencana memulai hidup baru. Sebagai salah satu langkahnya, mereka membangun bisnis dan mendirikan perusahaan.

Baca Juga: Berseteru dengan Raja Charles dan William, Pangeran Harry Diam-diam Tetap Jalin Kontak dengan Keluarga Ibunya

Bisnis Perusahaan Milik Pangeran Harry

1. Archewell Productions

Archewell Productions merupakan perusahaan produksi video dan audio milik Pangeran Harry. Mengutip laman Forbes, Senin (9/9/2024), perusahaan ini didirikan pada 2020, tak lama setelah Harry meninggalkan Kerajaan Inggris.

Perusahaan baru itu dengan cepat membuat gebrakan dengan menandatangani kesepakatan produksi profil tinggi bersama Netflix pada September 2020. Lalu, disusul juga dengan Spotify pada Desember 2020.

Kesepakatan Spotify dilaporkan bernilai sekitar USD20 juta. Kerja sama ini terbukti sukses setelah merilis "Archetypes," sebuah podcast wawancara yang dipandu oleh Markle pada Agustus 2022.

"Archetypes" dengan cepat menjadi salah satu podcast teratas di platform streaming itu, bahkan sampai memenangkan People's Choice Award di tahun yang sama. Namun, kabarnya Archewell dan Spotify telah mengakhiri kerja sama pada Juni 2023 setelah pengerjaan musim keduanya terhenti.

Sementara untuk Netflix, kesepakatannya bernilai USD100 juta dan baru akan berakhir pada 2025.

Sejauh ini, kolaborasi tersebut menghasilkan produksi tiga dokumenter yang didistribusikan oleh layanan streaming. Di antaranya "Harry & Meghan" dan "Live to Lead" pada 2022, serta "Heart of Invictus" pada 2023. Pada Agustus, pasangan itu juga membeli hak film untuk "Meet Me At the Lake," sebuah novel tahun 2023 karya Carley Lake yang menghabiskan lima minggu di daftar buku terlaris New York Times.

2. American Riviera Orchard

Pada Maret 2024, Meghan Markle mengumumkan bisnis barunya. Ia mendirikan sebuah merek lifestyle bernama American Riviera Orchard.

Mengutip laman People, bisnis tersebut menawarkan berbagai produk mulai dari buku masak hingga peralatan makan. Merek tersebut mengingatkan pada blog gaya hidup Meghan sebelumnya, The Tig, yang telah ditutup pada 2017.

3. Ethic

Pada Oktober 2021, Harry dan Meghan mengumumkan kemitraan dalam bidang keuangan. Mereka menjadi mitra Ethic, sebuah perusahaan jasa keuangan yang berfokus pada investasi lingkungan, sosial, dan tata kelola.

Menariknya, keputusan untuk bermitra dengan Ethic adalah kemauan pribadi Meghan.

Baca Juga: Segini Kekayaan Meghan Markle setelah Tidak Jadi Anggota Kerajaan Inggris

4. Travalyst

Berikutnya ada Travalyst. Mengutip laman resminya, perusahaan nirlaba ini didirikan pada 2019 oleh Pangeran Harry.

Keberadaannya sendiri merupakan gabungan dari sejumlah nama besar dalam bisnis bidang perjalanan dan teknologi. Di antaranya Amadeus, Booking.com, Expedia Group, Google, Mastercard, Sabre, Skyscanner, Travelport, Trip.com Group hingga Visa.

Tujuan Travalyst adalah menyediakan dan menghadirkan informasi keberlanjutan yang kredibel dan konsisten ke masyarakat umum dalam hal pilihan perjalanan yang lebih tepat.

5. Bisnis dan Perusahaan lain

Pada Januari 2022, Harry dan Meghan dikabarkan telah mendirikan hampir selusin perusahaan baru di Delaware, negara bagian AS yang tidak mengenakan pajak transaksi tinggi. Beberapa di antaranya diciptakan untuk memegang merek dagang Archewell dan perusahaan afiliasinya.

Daily Mail mencatat setidaknya hampir selusin nama yang terungkap waktu itu. Di antaranya Peca Publishing, Orinoco Publishing, Cobblestone Lane, IPHW, Archewell Audio, Baobob Holdings, Bridgemount, Hampshire, RPV Holding hingga Nemawashi Holdings.

Itulah deretan kerajaan bisnis dan perusahaan milik Pangeran Harry-Meghan Markle.

Topik Menarik