Robert Garcia: Aku Ingin Melihat Nonito Donaire Pensiun

Robert Garcia: Aku Ingin Melihat Nonito Donaire Pensiun

Olahraga | sindonews | Sabtu, 27 Juli 2024 - 09:09
share

Pelatih Robert Garcia meminta Nonito Donaire, ikon tinju dan calon legenda tinju masa depan, mempertimbangkan untuk menggantungkan sarung tinjunya. Nonito Donaire (42-8, 28 KO) mencatatkan dua kekalahan beruntun, dari Naoya Inoue yang hebat, dan kemudian oleh Alexandro Santiago pada Juli 2023.

Namun, "Filipino Flash" yang kini berusia 41 tahun ini berencana untuk terus bertarung, dan menargetkan sebuah laga melawan petinju hebat lainnya, Roman "Chocolatito" Gonzalez. Namun, pelatihnya meyakini bahwa mungkin inilah saatnya bagi dirinya untuk berhenti. "Nonito Donaire sudah menjadi salah satu petinju terbaik," kata Garcia kepada BoxingScene.

Baca Juga: Sabuk Juara IBF Saul Canelo Alvarez Dilucuti!

"Dia adalah juara dunia empat divisi dan dia telah bertarung dengan para petinju hebat. Dia menantang dirinya sendiri melawan beberapa petinju hebat di dunia, jadi dia tidak perlu membuktikan apa pun kepada dirinya sendiri,"lanjut Garcia.

Donaire adalah salah satu petarung terhebat di era modern - seseorang yang merebut gelar juara dunia di empat divisi. Banyak yang mengira karirnya hampir berakhir pada tahun 2014 ketika Nicholas Walters merebut gelar kelas bulu WBA dengan menghentikannya. Dua tahun kemudian, Donaire kalah angka mutlak dari Jessie Magdaleno, dan Carl Frampton pada tahun 2018.

Kembalinya ke kelas bantam kemudian menghidupkan kembali kariernya. Ia menentang ekspektasi untuk tampil kompetitif melawan Inoue yang hebat dalam sebuah kekalahan angka mutlak pada tahun 2019, dan pada bulan Juni 2021, ia merebut gelar WBC 53,5 kilogram dengan sebuah KO pada ronde keempat atas Nordine Oubaali.

Baca Juga: Klausul Duel Ulang Aktif, Zhang Zhilei: Aku Ingin Joseph Parker!

Kemenangan KO pada ronde keempat atas Reymart Gaballo pada bulan Desember 2021, mempersiapkan sebuah laga ulang melawan Inoue pada bulan Juni 2022 di negara asal Inoue, Jepang, saat "The Monster" menghentikannya dalam dua ronde. Jika tidak ada rasa malu saat kalah dari Inoue, kekalahan dari Santiago sangat mengejutkan. "Ia adalah seorang legenda dan telah mencapai banyak hal dalam kariernya, jadi ia tidak perlu membuktikan bahwa dirinya bukan siapa-siapa," kata Garcia.

"Saya ingin melihat dia mengatakan bahwa dia sudah pensiun, tetapi dari apa yang saya pahami, dia mungkin ingin bertarung beberapa kali lagi. Saya pikir dia masih memiliki sedikit yang tersisa, tetapi sebagai seorang petarung - sebagai seorang legenda yang sudah menjadi legenda - dia tidak perlu membuktikan apa pun kepada siapa pun.

"Dia bisa pensiun dan semua orang akan senang. Itu terserah dia. Ia masih sehat dan cukup bertalenta untuk berkompetisi, namun saya pribadi - saya ingin melihatnya pensiun. Ya, saya ingin melihatnya pensiun, menikmati hidup, menikmati keluarga, istri dan anak-anaknya."

Topik Menarik