5 Jenis Beasiswa Berdasarkan Sumber Pembiayaannya di Indonesia, Cek sebelum Daftar

5 Jenis Beasiswa Berdasarkan Sumber Pembiayaannya di Indonesia, Cek sebelum Daftar

Terkini | sindonews | Sabtu, 27 Juli 2024 - 08:30
share

Ini informasi mengenai 5 jenis beasiswa berdasarkan sumber pembiayaannya di Indonesia yang perlu diketahui para pejuang kuliah gratis. Salah satu cara untuk bisa tetap kuliah di tengah keterbatasn ekonomi dan bisa dapat uang saku yaitu dengan mendaftar beasiswa.

Namun perlu diketahui bahwa beasiswa sendiri banyak jenisnya. Dikutip dari akun Instagram @prestasikita, artikel kali ini akan membahas setidaknya ada 5 jenis beasiswa yang bisa dilihat dari sumber pembiayaan, simak ya!

5 Jenis Beasiswa Berdasarkan Sumber Pembiayaan di Indonesia

1. Beasiswa dari pemerintah

Jenis beasiswa pertama berdasarkan sumber pembiayaan yaitu beasiswa dari pemerintah. Biasanya beasiswa ini diberikan oleh kementerian atau lembaga pemerintah seperti LPDP, beasiswa unggulan dosen Indonesia dan masih banyak lagi yang lainnya.Tujuan dari beasiswa ini yaitu untuk meningkatkan kualitas SDM dan mendorong kemajuan bangsa melalui pendidikan.

2. Beasiswa swasta

Jenis beasiswa kedua berdasarkan sumber pembiayaan yang harus diketahui yaitu beasiswa swasta. Ini merupakan beasiswa yang ditawarkan oleh perusahaan, yayasan, atau organisasi swasta.

Baca juga:Jumlah Penerima Beasiswa Pemerintah hingga Pertengahan 2023, Siapa Terbanyak?

Tujuan dari beasiswa ini yaitu untuk meningkatkan citra perusahaan, membantu masyarakat hingga mengembangkan talenta tertentu. Misalnya saja, beasiswa Pendidikan Prestasi Kita, Beasiswa Astra, Beasiswa Djarum dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Beasiswa dari negara maju atau donor

Jenis beasiswa selanjutnya berdasarkan sumber pembiayaan yang harus diketahui yaitu beasiswa dari negara maju atau donor.Beasiswa ini diberikan oleh pemerintah negara maju atau organisasi internasional seperti Fulbright, Chevening dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tujuan dari diadakannya beasiswa ini yaitu untuk membangun hubungan internasional, mempromosikan budaya dan mengembangkan kerjasama di bidang pendidikan.

4. Beasiswa dari komunitas, organisasi atau yayasan

Salah satu jenis beasiswa berdasarkan sumber pembiayaan yang harus diketahui yaitu beasiswa dari komunitas, organisasi atau yayasan. Beasiswa ini diberikan oleh komunitas, organisasi atau yayasan yang memiliki fokus tertentu, seperti beasiswa untuk anak yatim piatu dan lain sebagainya.

Tujuan dari diadakannya beasiswa ini yaitu untuk mendukung komunitas, membantu individu yang membutuhkan hingga menunjang bidang tertentu. Contohnya yaitu beasiswa wardah, Beasiswa Habibie Center dan masih banyak lagi yang lainnya.

5. Beasiswa dari perguruan tinggi

Beasiswa perguruan tinggi merupakan salah satu jenis beasiswa berdasarkan sumber pembiayaan. Ini merupakan jenis beasiswa yang ditawarkan oleh universitas atau institusi pendidikan tinggi. Tujuan dari beasiswa ini yaitu untuk menarik mahasiswa berprestasi, meningkatkan daya saing universitas serta memajukan pendidikan.

Topik Menarik