Ciamik! Jersey Kontingen Indonesia di Olimpiade Paris 2024, Dirancang Anak Prabowo

Ciamik! Jersey Kontingen Indonesia di Olimpiade Paris 2024, Dirancang Anak Prabowo

Olahraga | sindonews | Kamis, 4 Juli 2024 - 19:28
share

Komite Olimpiade Indonesia (KOI) resmi merilis jersey yang akan digunakan Kontingen Indonesia di ajang Olimpiade Paris 2024. Acara peluncuran berlangsung di The Dharmawangsa, Jakarta, pada Kamis (4/7/2024) sore WIB.

Koleksi tersebut menggunakan apparel Li-Ning dipersiapkan untuk para atlet pada saat bertanding, dimulai dari T-shirt, short pants, track pants, dan jersey playing kit. Tiap item-nya menyesuaikan cabang olahraga yang membutuhkan busana berbeda, semisal rowing, gymnastic, atletik atau bulu tangkis.

Selain itu terdapat juga beberapa set seragam yang dipakai oleh atlet dan kontingen saat keberangkatan dan kepulangan, ajang resmi lain dan penerimaan medali. Warna yang digunakan merupakan perpaduan Merah-Putih dan Hitam.

Jersey ini merupakan hasil rancangan dari Didit Hediprasetyo, putra presiden terpilih RI Prabowo Subianto dan Siti Hediati Hariyadi. Dia menjadi desainer asal Tanah Air pertama yang berkontribusi langsung dalam pembuatan jersey resmi Tim Merah-Putih di Olimpiade.

Baca Juga: Kuota Atlet Olimpiade Paris 2024 Disunat

Menpora Dito Ariotedjo, yang hadir langsung dalam acara ini, mengapresiasi kolaborasi yang dilakukan KOI dengan desainer Tanah Air. Kata dia, kerja sama ini dilakukan agar Indonesia tak kalah apik dari segi apparel dibanding negara-negara lain yang menggandeng brand fashion kelas dunia.

"Pertama saya sangat mengapresiasi NOC yang berhasil menggaet mas Didit yang tidak hanya, bagaimana tadi disampaikan bahwa Olimpiade 2024 ini spesial. Karena memang lokasinya itu di Paris. Paris kan memang benchmark-nya dari dunia fashion," kata Dito.

"Dan memang beberapa minggu ini di mana negara-negara udah reveal semua jerseynya dan tidak main-main menggunakan desainer-desainer kelas atas. Indonesia alhamdulillah kita memiliki mas Didit yang kita ketahui di dunia internasional namanya sangat gemilang untuk desain apparel. Dan ini tadi saya setuju sedikit banyak membuat para atlet kontingen kepercayaan dirinya meningkat," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Didit mengungkapkan bahwa inspirasi dari desainnya adalah bendera Merah-Putih yang berkibar.

Baca Juga: Bikin Heboh, Seragam Olimpiade 2024 Malaysia Didesain Ulang

"Jadi saya menerima tawarin ini karena salah satunya cara saya bisa berkontribusi dan berdedikasi untuk bangsa yang saya cintai ini. Harapannya untuk selalu berjuang dan meraih prestasi serta mengharumkan nama," ujar Didit.

Ketua KOI, Raja Sapta Oktohari pun tak sabar melihat 29 atlet Indonesia yang lolos ke Paris 2024 untuk tampil mengenakan jersey anyar ini. Dia pun menilai respon netizen Indonesia sangat apik ketika melihat jersey baru ini dipamerkan ke publik lewat media sosial sore ini

"Jadi desainer itu banyak, tapi yang berani jawab tantangan NOC Indonesia cuma Didit aja. Karena betul yang tadi dibilang, kendalanya itu siapapun yang membuat desain, itu seperti di negara-negara lain, banyak sekali yang dibully dll karena desainnya.Tapi alhamdulillah saya dalam kesempatan ini ingin berterima kasih sama netizen indonesia karena responnya sangat positif dan itu akan menunjukkan bahwa kita ini bangsa besar yang bisa menghargai kreativitas dan kontribusi anak bangsanya untuk prestasi olahraga terbaik Indonesia," ucap Okto, sapaan Raja Sapta.

Topik Menarik