Didier Deschamps Semringah Prancis Menang Tipis atas Belgia

Didier Deschamps Semringah Prancis Menang Tipis atas Belgia

Olahraga | sindonews | Selasa, 2 Juli 2024 - 10:00
share

Tim Nasional Prancis berhasil menang tipis 1-0 atas Belgia dalam babak 16 besar Piala Eropa 2024. Sang pelatih, Didier Deschamps, pun menilai performa timnya telah meningkat dari sebelumnya.

Beraksi di Dusseldorf Arena, Jerman, Senin (1/7/2024) malam WIB, Les Bleus -julukan Prancis- tampil mendominasi sepanjang permainan. Namun, mereka sulit menembus pertahanan Belgia, yang bermain sangat bertahan.

Baca Juga: Portugal Susah Payah Kalahkan Slovenia, Ronaldo: Kami Layak di Delapan Besar

Beberapa peluang berbahaya sebenarnya bisa didapatkan oleh Prancis. Namun, penyelesaian akhir mereka benar-benar buruk sehingga hanya mampu menghasilkan dua tembakan ke gawang saja dari 19 sepakan yang mereka lesatkan.Bahkan, satu-satunya gol yang mereka ciptakan datang dari gol bunuh diri Jan Verthongen pada menmit 85. Bek tengah veteran Belgia itu salah mengantisipasi tendangan Randal Kolo-Muani sehingga bola malah masuk ke gawangnya sendiri.

Kendati menang, sepanjang Piala Eropa 2024, Prancis hanya menorehkan tiga gol saja dari empat pertandingan. Sebagai favorit juara, penampilan mereka mendapat banyak kritik karena tak sesuai dengan harapan publik.

Meski begitu, Deschamps menilai permainan Kylian Mbappe dan kolega telah mengalami peningkatan dibanding sebelumnya di fase grup. Dia puas dengan permainan anak buahnya yang tidak terjebak dalam serangan balik yang berusaha dimanfaatkan The Red Devils -julukan Belgia.

“Kami membuat banyak kemajuan dan lawan kami jelas berhati-hati, meskipun di atas kertas mereka adalah tim yang menyerang. Kami melakukan segala yang kami bisa untuk menciptakan peluang,” kata Deschamps dilansir dari laman resmi UEFA, Selasa (2/7/2024).

“Kami menciptakan lebih banyak peluang daripada mereka, tetapi kami memainkan permainan menunggu dan tidak jatuh ke dalam perangkap mereka. Saya suka itu, tetapi jelas Anda tidak bisa menang hanya dengan penguasaan bola. Saya ingin kami menciptakan lebih banyak peluang,” tambahnya.

Dari tiga gol yang sejauh ini ditorehkan Prancis di Piala Eropa 2024, tak ada satu pun pemain mereka yang menghasilkannya dari open play. Dua gol didapat dari gol bunuh diri lawan dan satu gol lainnya dicetak Mbappe dari titik putih.

Walau terus mendapatkan kritik atas permainan timnya, Deschamps ingin anak buahnya menikmati kemenangan berharga kontra Belgia. Menurutnya, melaju ke perempat final Piala Eropa 2024 merupakan momen penting bagi Prancis.

"Meskipun orang-orang memang mengharapkan kami mencapai perempat final, mari kita nikmati momen ini. Tidak ada yang datang begitu saja. Kami berada di perempat final dan itu adalah tahap yang penting,” pungkas pelatih berusia 55 tahun itu.

DI perempat final Piala Eropa 2024, Prancis akan bersua dengan Portugal, yang juga menang susah payah lewat adu penalti kontra Slovenia di babak 16 besar. Laga akbar antara dua raksasa Benua Biru itu dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (6/7/2024) pukul 02.00 WIB.

Topik Menarik