10 Makanan yang Tidak Boleh Disimpan Terlalu Lama di Dapur, Sereal Mudah Tengik

10 Makanan yang Tidak Boleh Disimpan Terlalu Lama di Dapur, Sereal Mudah Tengik

Berita Utama | sindonews | Sabtu, 29 Juni 2024 - 02:00
share

Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak disimpan terlalu lama di dapur karena cepat rusak atau kehilangan nutrisi. Menjaga makanan tetap segar dan aman untuk dikonsumsi adalah bagian penting dari kesehatan keluarga.

Makanan yang cepat rusak atau kehilangan nutrisi sebaiknya segera dikonsumsi atau disimpan dengan cara yang tepat untuk menghindari pemborosan dan risiko kesehatan. Terlebih, ada sebagian besar makanan yang disimpan di dapur memiliki tanggal kedaluwarsa.

Sebaiknya berikan perhatian pada barang-barang di dapur Anda dan singkirkan yang seharusnya tidak ada di sana. Ini pasti akan membantu makanan Anda tetap bisa dikonsumsi.

Berikut adalah 10 makanan yang tidak boleh disimpan terlalu lama di dapur dilansir dari Star Insider, Sabtu (29/6/2024).

10 Makanan yang Tidak Boleh Disimpan Terlalu Lama di Dapur

Baca Juga: 10 Makanan yang Dapat Menurunkan IQ, Waspadai Pengaruhnya pada Otak

1. Sereal

Kotak sereal yang terbuka akan menjadi basi karena paparan udara setelah tiga bulan, tetapi kotak yang tertutup rapat akan bertahan hingga satu tahun. Hal ini bisa berbeda-beda jika mengandung kacang-kacangan yang rawan tengik.

2. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung banyak minyak, dan minyak tersebut akan mulai tengik setelah beberapa bulan. Agar tetap segar dan tahan lama, masukkan ke dalam kantong plastik bening untuk menyimpan kacang-kacangan dan simpan di lemari es hingga satu tahun.

3. Rempah-rempah Kering

Rempah-rempah kering adalah barang yang disimpan orang selamanya, padahal seharusnya tidak. Masalahnya bukan pada keamanan pangan, melainkan pada kualitas, karena intensitas dan rasanya akan hilang karena ketengikan.

4. Baking Powder dan Baking Soda

Baking powder dan baking soda akan kehilangan kekuatan ragi seiring berjalannya waktu, yang akan menghasilkan kue yang menyedihkan. Jadi pastikan bahan-bahan Anda segar sebelum digunakan.

5. Selai Kacang Organik

Selai kacang biasa bisa disimpan di dapur, tetapi jika selai kacang Anda organik, minyaknya akan terpisah dan menjadi tengik. Selai kacang organik perlu disimpan di lemari es, sama seperti selai kacang organik lainnya.

Baca Juga: 5 Makanan Sehat yang Bisa Merusak Ginjal, Sarden Tinggi Purin

6. Saus Tomat

Bumbu dapur yang sudah dibuka, seperti saus tomat dan mayones, dapat rusak hanya dalam beberapa minggu jika tidak disimpan di kulkas. Saat disimpan di kulkas, saus tomat harus dikonsumsi dalam waktu satu bulan jika sudah dibuka. Untuk mayones, masa simpannya adalah 10 hingga 12 minggu.

7. Quinoa

Umur simpan biji-bijian seperti quinoa sangat bergantung pada kandungan lemaknya. Panas, udara, dan kelembapan merupakan elemen yang dapat berdampak negatif terhadap kesehatan minyak, sehingga menyebabkan minyak melewati masa puncaknya. Pastikan Anda menyimpannya dalam wadah yang terisolasi dengan baik.

8. Sayuran Kalengan

Kepercayaan umum adalah bahwa sayuran kalengan bisa bertahan seumur hidup. Namun semakin lama makanan tersebut disimpan di rak Anda, semakin besar kemungkinan makanan tersebut mulai rusak dan menimbulkan rasa logam dari kalengnya.

9. Gula

Kantong gula yang terbuka cenderung mengering dan mengeras setelah empat bulan. Hal ini disebabkan oleh paparan udara. Sebaiknya simpan dalam kantong plastik yang dapat ditutup kembali atau wadah kedap udara.

10. Bawang Putih

Bawang putih paling baik disimpan di dapur yang gelap dan sejuk selama tiga hingga lima bulan. Jika disimpan terlalu lama, siung bawang putih bisa menyusut atau mulai bertunas. Hal ini menunjukkan bahwa kualitasnya tidak lagi berada pada puncaknya.

Baca Juga: 10 Makanan yang Bikin Cepat Tua, Nomor 7 Sebabkan Kulit Keriput

Topik Menarik