Aksi Heroik Gagalkan Pencurian Motor di Pasuruan

Aksi Heroik Gagalkan Pencurian Motor di Pasuruan

Terkini | sidoarjo.inews.id | Selasa, 24 September 2024 - 20:20
share

PASURUAN, iNewsSidoarjo.id – Sebuah aksi heroik terekam kamera pengawas saat seorang penjaga toko berhasil menggagalkan aksi pencurian sepeda motor di depan tokonya.

Kejadian ini berlangsung di Jalan Raya Banyubiru, Desa Gayam, Kecamatan Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan, pada Selasa pagi. Korban, Muktarom, yang juga pemilik toko plastik, dengan sigap melompat dan menyergap pelaku yang berusaha membawa kabur sepeda motor Honda Beat miliknya.

Teriakan "maling-maling" dari Muktarom mengundang perhatian warga sekitar, sehingga pelaku pun tak berdaya dan menjadi bulan-bulanan massa.

Berdasarkan rekaman CCTV, terlihat dua orang pelaku berpura-pura membeli plastik di toko tersebut. Namun, salah satu pelaku yang diketahui bernama Haikal Asomoadani, warga Desa Wotgalih, Kecamatan Nguling, langsung melancarkan aksinya dengan mencuri sepeda motor yang terparkir di halaman toko.

"Awalnya pelaku pura-pura beli plastik, tapi ternyata niatnya mau curi motor," ungkap Muktarom. Selasa, (24/9/2024).

Riski, pemilik toko lainnya yang berada di lokasi kejadian, menceritakan kronologi peristiwa tersebut.

"Pelaku ini licin, langsung tancap gas setelah berhasil mengambil motor. Untungnya Pak Muktarom sigap," ujarnya.

 

Aksi massa yang sempat memanas berhasil diredam oleh pihak kepolisian. Pelaku diamankan ke Polsek terdekat untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Saat dilakukan penggeledahan, ditemukan sebuah golok yang disembunyikan di balik baju pelaku.

Kapolsek Kebon Candi, AKP Eko Edi S, menjelaskan bahwa kunci kontak sepeda motor masih terpasang di rumah kontak saat pelaku ditangkap.

"Kejadian berawal saat pelaku pura-pura membeli plastik. Namun, saat pemilik toko lengah, pelaku langsung mengambil kunci kontak dan membawa kabur sepeda motor," terangnya.

Pihak kepolisian saat ini masih memburu satu orang pelaku lainnya yang berhasil melarikan diri. Kasus pencurian dengan kekerasan ini menjadi perhatian serius bagi masyarakat dan aparat penegak hukum.

Topik Menarik