Hal Perlu Disiapkan Sebelum Menggunakan Software Payroll Indonesia

Hal Perlu Disiapkan Sebelum Menggunakan Software Payroll Indonesia

Seleb | celebrities.id | Minggu, 1 Mei 2022 - 10:30
share

JAKARTA, Celebrities.id- Proses penggajian atau lebih dikenal dengan payroll terkenal memakan waktu lama. Bukan tanpa sebab, jumlah karyawan dalam perusahaan dan komponen gaji tiap karyawan pun begitu banyak. Aplikasi gaji karyawan pun menjadi solusi untuk memudahkan proses penggajian karyawan.
Namun, ada saja perusahaan yang menilai bahwa penggunaan software payroll Indonesia dalam proses penggajian justru akan menyulitkan. Perusahaan mengira bahwa ada banyak persiapan yang harus dilakukan jika hendak menggunakan software payroll Indonesia. Apakah benar demikian?


Mengenal Software Payroll Indonesia

Aplikasi gaji karyawan atau nama lainnya adalah software payroll adalah sebuah perangkat lunak yang dapat membantu penyimpanan, proses, dan perhitungan penggajian karyawan. Tidak hanya itu, software payroll Indonesia juga dapat membantu menyusun laporan gaji, slip gaji, hingga menghitung estimasi pajak penghasilan yang harus dibayarkan perusahaan kepada instansi terkait.

Karena kemudahannya, banyak perusahaan yang mulai memilih menggunakan software payroll Indonesia dibanding mengandalkan cara manual. Sehingga HRD tidak menghabiskan waktu kepada perhitungan gaji yang dikenal memakan waktu dan cukup rumit. Alhasil, HRD dapat mengalokasikan waktu mereka ke tugas yang bersifat strategis.

Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menggunakan Software Payroll Indonesia

Sebenarnya, perusahaan tidak perlu menyiapkan hal-hal rumit untuk menggunakan software payroll Indonesia. Semua tergantung dengan jenis software payroll Indonesia yang dipilih perusahaan. Apakah berbasis cloud atau on premise?

Untuk perusahaan yang memilih aplikasi berbasis cloud, perusahaan hanya perlu menyiapkan laptop atau komputer dan koneksi internet. Terdengar sangat simpel? Hal ini tidak salah. Karena software payroll berbasis cloud dapat diakses melalui browser yang terkoneksi dengan internet. Browser yang disarankan adalah Google Chrome dan Firefox.

Bagaimana dengan perusahaan yang ingin menggunakan software payroll on premise? Khusus untuk jenis software payroll on premise, ada hal yang perlu dipersiapkan oleh perusahaan yaitu server. Nantinya, server akan menyimpan semua data dan informasi penggajian karyawan. Namun jika perusahaan kesulitan untuk mencari server yang cocok, biasanya vendor akan membantu perusahaan untuk menemukan server yang cocok dengan kebutuhan sistem.

Penggunaan server pribadi cukup menguntungkan bagi perusahaan besar yang mempunyai banyak karyawan. Sementara itu, bagi perusahaan berkembang yang mempunyai jumlah karyawan belum begitu banyak dapat menggunakan software payroll berbasis cloud yang lebih ekonomis.

Contoh aplikasi gaji karyawan yang menyediakan pilihan cloud atau on premise adalah Talenta. Perusahaan mempercayai Talenta karena dikenal sebagai vendor spesialis payroll yang menjaga keamanan dan kerahasiaan data client dengan baik.

Fungsi Pokok dari Software Payroll
Seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat seperti sekarang ini, setiap perusahaan perlu memanfaatkan berbagai teknologi yang ada agar tidak tertinggal dari bisnis lain. Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan software payroll Indonesia, untuk memaksimalkan karyawan kompeten untuk bekerja lebih baik. Lebih lanjut, berikut beberapa fungsi pokok dari aplikasi ini.

1. Menghitung Gaji Karyawan
Salah satu fungsi utama dari software payroll Indonesia yaitu melakukan perhitungan gaji karyawan di perusahaan. Caranya yaitu dengan menentukan gaji kotor setiap karyawan, kemudian memasukkan nilai nilai yang dijadikan sebagai potongan terhadap gaji tersebut. Mulai dari asuransi, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, pajak, dan lain sebagainya.

Unsur unsur di dalam gaji tersebut secara otomatis dimasukkan oleh software untuk mendapatkan gaji bersih setiap karyawan. Setelah perhitungan selesai, sistem pun akan bekerja secara otomatis dalam memotong dana di rekening perusahaan kemudian ditransfer ke rekening karyawan. Tentu hal ini akan meminimalisir faktor human error yang sering terjadi pada cara manual.

2. Menyimpan Data Secara Otomatis
Fungsi lainnya dari software payroll Indonesia yaitu menyimpan data secara otomatis. Ini bahkan menjadi salah satu alasan utama kenapa perusahaan membutuh aplikasi tersebut. Karena jika saat ini anda masih menggunakan cara konvensional dalam menyimpan data karyawan, tentu hal ini akan sangat merepotkan.

Belum lagi cara manual akan menciptakan tumpukan kertas di kantor, yang membuatnya menjadi terlihat lebih memusingkan. Namun hal tersebut tidak akan terjadi apabila anda menggunakan software payroll Indonesia . Sebab data yang masuk akan secara otomatis tersimpan di server utama aplikasi secara aman. Anda pun bisa mengaksesnya kapan saja ketika dibutuhkan.


3. Membuat Laporan Sesuai Kebutuhan
Software payroll Indonesia juga bisa digunakan untuk membuat laporan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Bersama accounting, divisi HRD yang menjalankan payroll di perusahaan dapat membuat laporan secara mendetail seperti yang diperlukan bisnis. Dimana transaksi dengan frekuensi yang tinggi pada sistem membantu membuat laporan menjadi lebih mudah dibaca serta dianalisis.

4. Membuat Formulir Pajak
Membuat formulir pajak menjadi salah satu fungsi pokok dari sebuah software payroll. Yang mana membuat formulir pajak memang pada dasarnya bukan hal yang bisa dibilang mudah, sebab dibutuhkan banyak nilai untuk bisa dicetak. Namun dengan payroll software yang dapat diintegrasikan secara otomatis, maka semua aspek yang harus dimasukkan tidak akan lagi terlewat.

5. Self Service
Fungsi lainnya dari software payroll Indonesia yaitu memungkinkan karyawan untuk melakukan self service. Sehingga para karyawan di perusahaan dapat mengakses data informasi terkait jumlah gaji, bonus, potongan, waktu kerja, dan lain sebagainya dengan lebih cepat. Mereka bahkan bisa melakukan pengajuan cuti dengan lebih mudah melalui sistem.

Tentu berbagai fungsi seperti di atas akan sangat membantu perusahaan untuk berkembang, sebab memudahkan setiap pekerjaan yang berkaitan dengan karyawan dan prosesnya juga sangat cepat karena dilakukan secara otomatis. Bagi anda yang membutuhkan software payroll, Talenta dari Mekari bisa menjadi jawaban untuk bekerja dengan efisiensi.

Talenta adalah salah satu merk HRIS (human resources information system), yakni software (perangkat lunak) untuk manajemen sumber daya manusia. Aplikasi HRIS biasanya bertujuan mengurangi beban kerja administrasi di bidang penggajian, perpajakan karyawan, absensi, dan performance appraisal.

Selain itu, Talenta juga menyediakan fitur mobile friendly yang disebut mobile employee self service yang dapat memudahkan karyawan untuk mengakses Talenta melalui smartphone atau gadget masing-masing. Fitur-fitur yang disediakan Talenta juga dilengkapi dengan detail-detail sehingga memudahkan karyawan dalam melakukan pekerjaan. Misalnya, pada fitur payroll, komponen seperti bonus, tunjangan, pajak, insentif, dan lain-lain ditambahkan. Dengan demikian perhitungan akan menjadi lebih efisien dan efektif.

Kelebihan Talenta by Mekari:

1. Fitur yang disajikan sangat berlimpah
Keunggulan dari Talenta By Mekari ini salah satunya adalah fitur yang dibawakan sangat banyak dan berlimpah. Mulai dari pinjaman tunai, halaman recruitment, halaman cuti custom, hingga pengumuman karyawan pun disediakan oleh Talenta By Mekari ini, berikut ini detail fiturnya

2. Kostumisasi yang sangat terperinci
Semua hal yang diatur di dalam Talenta diatur secara sangat terperinci, Di sini bahkan bisa membuat rumus cuti sendiri dan rumus denda sendiri.

3. Tim Support yang efektif dan responsive
Tidak usah bergelut dengan BOT ketika memberikan keluhan atau komplain, CS dari Talenta akan dengan sigap membantu dalam hitungan menit saja.
Dalam aplikasi Talenta ini juga sering diadakan promo dan diskon yang berakibat pada harga yang bisa lebih murah dari harga normal. Tentu saja hal ini bisa dikatakan angin segar untuk perusahaan yang ingin menggunakan Talenta sebagai sistem payroll mereka namun dengan anggaran yang terbatas.

Apalagi untuk kondisi sekarang ini di mana karyawan lebih sering Work From Home, menggunakan Talenta tentu akan sangat membantu dalam hal pengkondisian karyawan dengan sistem otomatisnya yang akan sangat membantu perusahaan.

Dengan adanya fitur-fitur ini maka tentu saja pengelolaan sumber daya di dalam perusahaan jauh lebih baik dan lebih optimal. Talenta dapat diakses dengan mudah di https://Talenta.com. Tunggu apa lagi? Coba Talenta sekarang juga.

Jadi, mudah bukan menggunakan software payroll? Intinya, perusahaan tidak perlu menyiapkan banyak alat dan sistem untuk menggunakannya. Perusahaan dapat mempertimbangkan apakah akan menggunakan cloud yang lebih ekonomis atau on premise yang mengandalkan server sendiri. Semua dapat disesuaikan oleh kebutuhan perusahaan. Pihak vendor yang berpengalaman tentunya akan membantu perusahaan untuk memilih mana yang cocok bagi perusahaan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat, ya!

(CM)

Topik Menarik