5 Artis Pemeran Tokoh Kartini, Dian Sastro hingga Yenny Rachman

5 Artis Pemeran Tokoh Kartini, Dian Sastro hingga Yenny Rachman

Seleb | okezone | Kamis, 21 April 2022 - 13:49
share

RA Kartini adalah tokoh masyarakat Indonesia yang menginspirasi banyak orang, sehingga tak jarang sosoknya dihadirkan lewat film layar lebar. Sebagai seorang tokoh besar, sudah selayaknya peran RA Kartini di film diperankan oleh artis terkemuka pula.

Sepanjang sejarah perfilman Indonesia, tak sedikit sineas dalam negeri yang berusaha mengangkat kisah RA Kartini ke layar lebar. Hingga kini sudah ada tiga film tentang RA Kartini yang sempat menerangi bioskop Indonesia; dan semuanya diperankan dengan apik oleh lima artis berikut ini:

1. Yenny Rachman

Yenny Rachman

Artis yang pernah perankan RA Kartini pertama adalah Yenny Rachman. Dalam film berjudul RA Kartini dari tahun 1982, aktris kelahiran Januari 1959 ini berperan sebagai sang tokoh titular; mengangkat aspek kehidupan RA Kartini berdasarkan buku biografi yang ditulis oleh Sitisoemandari Soeroto. Film ini berhasil menangkan tiga Piala Citra.

2. Dian Sastro

Dian Sastro

Artis yang pernah perankan RA Kartini ke-dua adalah Dian Sastro. Membintangi film berjudul Kartini pada tahun 2017, aktris jebolan AADC ini membawakan kisah sang tokoh emansipasi dalam sebuah gaya baru di bawah sutradara Hanung Bramantyo. Film ini berhasil menangkan satu Piala Citra.

Topik Menarik