Aksi Unik Army Fans BTS, Rutin Bikin Donasi untuk Aksi Sosial

Aksi Unik Army Fans BTS, Rutin Bikin Donasi untuk Aksi Sosial

Seleb | genpi.co | Minggu, 27 Februari 2022 - 23:20
share

GenPI.co - Fan BTS atau biasa disebut Army punya cara tersendiri untuk mengekspresikan dukungannya kepada para member idol grup asal Korea Selatan tersebut.

Pengurus Army Salatiga Agustina Dwi Puspitasari mengatakan, ada budaya di fandom ini berupa aksi sosial ketika ada member BTS yang berulang tahun.

Kami selalu membuat donasi jika ada member berulang tahun. Aksi ini bukan hanya di Salatiga saja, tetapi seluruh fan BTS di dunia, kata Agustina Dwi kepada GenPI.co, Minggu (27/2).

Agustina bercerita, donasi yang terkumpul ini nantinya akan digunakan untuk berbagai aksi sosial,
mulai dari membantu orang tidak mampu, beasiswa, penanaman pohon, dan sebagainya.

Beberapa aksi nyata itu ialah saat ada project Army Indonesia Peduli Lombok pada 2018 hingga penggalanan dana untuk korban bencana Gunung Semeru pada 2021.

Menurutnya, kegiatan-kegiatan seperti ini membuat fan BTS makin kompak. Mereka bukan hanya mengidolakan semata, melainkan juga mampu menjadikan untuk membuat aksi-aksi mulia.

Soal dukungan ke member, tentu tak perlu diragukan lagi. Para fan akan selalu berpartisiasi dengan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan idol, seperti voting hingga award tertentu.

Dia bercerita, Army Salatiga sendiri sudah berdiri sejak 2017. Semua berawal dari acara kumpul-kumpul biasa yang dihadiri sekitar sebelas orang.

Karena semuanya menyukai BTS, mereka pun berinisiatif untuk membuat grup WA fan BTS.

Pada tahun yang sama, BTS juga menggelar konser di Jakarta. Agustina menyebut, ada dua orang Army Salatiga yang ikut nonton konser di Jakarta.

Sejak saat itu, fanbase BTS di Salatiga mulai aktif menggelar berbagai acara, mulai dari gathering, project ulang tahun member, nonton konser bareng, dan sebagainya.

Saat ini anggotanya ada sekitar 189 orang dengan berbagai latar belakang, ada yang masih SD, kuliah, bekerja, hingga ibu rumah tangga pun ada.

Nah, jika sudah berbicara komunitas, tak lengkap rasanya ketika tak mengungkit koleksi.

Agustina dan para fan BTS di Salatiga mengaku mengoleksi sejumlah barang-barang official yang dikeluarkan agensi BTS.

Menurut dia, karena setiap tahun BTS mengeluarkan lagu baru, maka merchandise pun selalu baru mengikuti project-project mereka.

Ada DVD, photobook, jaket, baju, sepatu. Boneka, hingga produk air minum pun ada. Saya pribadi juga mengoleksi yang official, katanya.

Agustina mengatakan, ikut komunitas membuat dirinya telah belajar banyak. Dirinya bahkan menganggap komunitas adalah rumah kedua baginya.

Di sini, semua fan BTS berkumpul dan menjadi wadah untuk bertukar informasi, menemukan sahabat baru, saling tolong menolong, dan sebagainya.

Pokoknya saling tolong menolong bukan hanya sekadar yang berhubungan dengan BTS, melainkan hal-hal lain seperti berbagi masalah kehidupan," pungkasnya. (*)

Jangan lewatkan video populer ini:

Topik Menarik