Aktivis Kaltim Khawatir Rudi Mas'ud Rawan Konflik Kepentingan

Aktivis Kaltim Khawatir Rudi Mas'ud Rawan Konflik Kepentingan

Terkini | samarinda.inews.id | Selasa, 1 Oktober 2024 - 17:10
share

SAMARINDA, iNewsSamarinda.id - Majunya Rudi Mas'ud dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalimantan Timur (Kaltim) dikhawatirkan sarat  konflik kepentingan.Hal ini disampaikan oleh Aktivis Muda Kaltim Andi Muhammad Akbar yang juga mantan Ketua GMNI Kaltim. 

Dia menyebut sosok Rudi erat dengan dinasti politik. Dimana beberapa keluarganya menjabat di berbagai posisi jabatan publik.

"Dinasti politik ini tak menyehatkan untuk demokrasi. Dengan adanya dinasti politik, akan rawan konflik kepentingan dan membuat tidak bisa profesional kala menjabat," jelasnya.

Sebagai informasi, kakak Rudi, Hasanudin Mas’ud, saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD Kaltim.

Tak sampai di situ, dua saudara lainnya juga menjadi pejabat, yakni Rahmad Mas’ud sebagai Walikota Balikpapan. Ada juga Abdul Gafur Mas’ud sebagai mantan Bupati Penajam Paser Utara yang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) beberapa waktu yang lalu.

Selain itu, lanjut dia, kualitas demokrasi bisa menurun. Dengan dinasti politik, kepentingan kelompok yang akan diutamakan. Akan berpengaruh tentunya untuk kepentingan rakyat banyak. Andi menegaskan juga jika dinasti politik diterapkan, pembangunan Kaltim bisa terganggu. 

 

Topik Menarik