Kafe di Kaligesing Purworejo Ini Tawarkan Suasana Alam Desa, Pengunjung Bisa Ikut Mengolah Kopi

Kafe di Kaligesing Purworejo Ini Tawarkan Suasana Alam Desa, Pengunjung Bisa Ikut Mengolah Kopi

Gaya Hidup | purwokerto.inews.id | Senin, 23 September 2024 - 06:20
share

PURWOREJO, iNewsPurwokerto.id - Di perbukitan pegunungan Kaligesing ada kafe tempat nongkrong yang menawarkan suasana yang berbeda dan menenangkan bagi para pengunjung.

Dikelilingi oleh pepohonan dan berlokasi di pinggiran jalan, kafe ini menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pencinta suasana alam.

Tempat ini berlokasi di Koncangan, Padukuhan Ngaglik, Desa Ngaran, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo bernama Rakjat Kopi.

 

Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati secangkir kopi dengan orang terdekat dan ditemani nyanyian alam pegunungan.

Konsep alam desa yang didukung pemanfaatan rumah limasan yang dibiarkan tanpa penutup dinding, menjadikan suasananya benar-benar memikat. Jika beruntung, pengunjung pun bisa melihat dari dekat proses pengolahan kopi di mana alatnya ditempatkan dibagian depan kafe.

Deni Apri Setya Nugraha pengelola kafe rakjat kopi menjelaskan, bahwa konsep itu memang sengaja dibuat di kawasan perbukitan Kaligesing. Dirinya ingin orang akan memiliki sensasi berbeda dibandingkan ngopi di tempat yang sudah familiar.

 

Menurut Deni, hal ini adalah kesempatan langka yang memungkinkan pengunjung memahami lebih dalam tentang asal-usul kopi, mulai dari pembudidayaan hingga pengolahannya.

"Kalau kopi yang digunakan pun berasal dari petani lokal Ngaran serta desa tetangga sini. Saya ingin orang ngopi itu juga memiliki pemahaman akan asal-usul kopi, pembudidayannya dan pengolahannya," kata Deni, Minggu (22/09) kemarin.

Lanjutnya, rumah yang ditempati kebetulan milik keluarganya. Dirinya sengaja memanfaatkan ruang kosong itu agar lebih bernilai dan bisa mendatangkan kesejahteraan.

"Ini kita menggunakan kopi robusta. Pengunjung tinggal menyesuaikan selera terhadap kopi yang diinginkan," ungkapnya.

Selain kopi, Deni menyebut jika Rakjat Kopi juga menawarkan varian cokelat. Ini pun berasal dari cokelat yang dihasilkan warga setempat.

Sementara, sembari menikmati kopi, ada tumpukan buku-buku yang juga siap dibaca di tempat. Ada banyak judul yang dipajang dan pastinya bisa menambah pengetahuan bagi pembacanya. 

"Ya, ini menghadirkan nuansa yang lebih dari sekadar kafe biasa, menjadikannya tempat yang ideal untuk melepas penat, belajar, sekaligus bersantai. Tidak saja ngopi, pengunjung yang ingin menggelar pertemuan juga bisa menggunakan tempat ini. Ruang yang disediakan amat mencukupi untuk diskusi dan sebagainya," pungkasnya.

Topik Menarik