35 Dusun di Probolinggo Terdampak Kekeringan, BPBD Gelontor 25 Liter Air Bersih Untuk Satu Jiwa

35 Dusun di Probolinggo Terdampak Kekeringan, BPBD Gelontor 25 Liter Air Bersih Untuk Satu Jiwa

Terkini | probolinggo.inews.id | Selasa, 22 Oktober 2024 - 14:10
share

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Musim Kemarau panjang yang melanda sejumlah daerah di Kabupaten Probolinggo. Membuat masyarakat desa terdampak kesulitan air bersih, lantaran sumber air mulai mengering.

Kabid Kedaruratan BPBD Kabupaten Probolinggo Zubaidullah mengatakan, sedikitnya ada 35 Dusun, dari 20 Desa di 10 Kecamatan, yang terdampak kekeringan saat ini.

"Oleh sebab itu, hampir setiap hari, kami mengirimkan ribuan air bersih ke 35 dusun di Kabupaten Probolinggo ini," terangnya, melalui pesan whatsapp, pada selasa (22/10/2024) siang.

Salah satu contohnya di Desa Rejing, Kecamatan Tiris ini. Penduduk desa tersebut mendapat jatah air bersih sebanyak 25 liter, untuk satu kepala keluarga.

"Suplai air bersih ini dilakukan secara berkala, terus menerus ya, hingga krisis air bersih di desa terdampak ini benar - benar selesai  dan warga juga tidak krisis air bersih lagi," imbuhnya.

Sebelumnya di bulan september, BPBD Kabupaten Probolinggo juga sudah mensuplai kebutuhan air bersih di 14 desa sebanyak 498 liter air.

Topik Menarik