Dikeluhkan Warga Soal Sampah Yang Menumpuk di Sungai Jalan Pahlawan Probolinggo Dibersihkan

Dikeluhkan Warga Soal Sampah Yang Menumpuk di Sungai Jalan Pahlawan Probolinggo Dibersihkan

Terkini | probolinggo.inews.id | Selasa, 8 Oktober 2024 - 20:50
share

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id – Banyaknya keluhan warga, terkait dengan menumpukjya sampah di sepanjang aliran sungai di Jalan Raya Pahlawan, Kota Probolinggo, kini mulai dibersihkan.

Menurut kesaksian dari Devi, salah satu pelajar SMK Negeri 3 Kota Probolinggo. Mengaku bahwa sebelumnya, sungai di belakang halte sekolahnya ini sangat kotor.

“Kalau tahu, sampah ini menumpuk banyak sekali di aliran sungai ini, Bahkan saking banyaknya, air yang seharusnya mengalir mengikuti arus sungai ini tersendak,” terangnya, pada selasa (8/10/2024) sore.

Dari tersumbatnya aliran sungai tersebut, tentu saja akan berdampak buruk terhadap lingkungan sekitar.

“Dari bau busuk yang menyengat, banyak nyamuk, bahkan kalau memasuki musim penghujan, bisa membuat air sungai meluber ke jalan raya,” imbuhnya.

Oleh sebab itulah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Probolinggo, berkolabirasi dengan Dinas Pekerjaan Umum, dan Permukiman Rakyat (DPUPR), melakukan pembersihan, atau ‘Clean up’ pada lokasi lokasi kumuh yang ada di Kota Probolinggo.

Bukan hanya sungai di Jalan Pahlawan, Namun ada juga fenomena Tempat Pembuangan di kawasan Kota Probolinggo yang berserakan di daerah pemukiman warga.

Seperti halnya, yang dilalukan Penjabat Walikota Probolinggo, Muhammad Taufik Kurniawan. Ia mengaku masih banyak sekali ditemukan TPA dadakan yang tidak pada tempatnya.

“Terutama di wilayah Gang Lori, Jalan Mastrip, Kelurahan Kanigaran, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo ini, disini banyak sekali tumpukan sampah yang tidak pada tempatnya, nantinya penanganan sampah ini sangatlah penting”, imbuhnya.

Ia bakal menyediakan beberapa tempat sampah di beberapa rumah warga , dengan tujuan agar limbah rumah tangga itu tidak menumpuk berserakan.

“Ini kan bukan tempat yang permanen ya, juga bukan tempat sampah yang dikelola dengan baik, sehingga harus kita tertibkan. Dan nanti akan kita coba sediakan tempat sampah yang memang sesuai pada tempatnya,” ucapnya.

Dengan adanya tempat pembuangan sampah yang permanen kebersihan bisa terjaga sekaligus menjadikan kondisi lingkungan yang sehat.

Oleh sebab itu, ia mengajak seluruh warga untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Mari kita jaga kota tercinta kita ini dengan menjaga kebersihan lingkungan, jangan buang sampah sembarangan. Kami dari pemerintah kota akan mencoba memberikan alternatif untuk tempat pembuangan sampah yang sudah kita sediakan,” tandasnya.

Topik Menarik