Gaya Glamour Murah Berkelas, Xuping Jadi Trending di Kota Probolinggo

Gaya Glamour Murah Berkelas, Xuping Jadi Trending di Kota Probolinggo

Terkini | probolinggo.inews.id | Senin, 7 Oktober 2024 - 12:00
share

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id – Ingin bergaya glamour, tidak harus mengeluarkan ‘budget’ atau uang yang besar. Karena di Kota Probolinggo, ada alternatif baru, dengan menggunakan Xuping, sebagai perhiasan yang stylist nan murah.

Xuping, bukanlah sejenis logam emas, namun warna yang menyerupai logam mulia ini, bisa menjadi alternatif bergaya kekinian.

Di Kota Probolinggo ada tempat penjualan perhiasan xuping di Pasar Kronong, Kelurahan/Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo. Berbagai model perhiasan seperti kalung, gelang, cincin dan anting dijual. 

Elwis Nurafniati, 42, pemilik toko yang bernama "Toko Perhiasan Xuping Berkah" mengatakan, pelanggannya paling banyak perempuan.

“Perhiasan memang identik dengan perempuan, perhiasan xuping ini juga bisa dipakai laki-laki ya, kalau emas kan ada hukum yang melarang," terangnya, pada senin (7/10/2024) siang.

Toko yang berdiri sejak November 2023, penjualannya terbilang lancar. Tren xuping cukup diminati di Kota Probolinggo.

"Omset kurang lebih Rp 1,9 juta sampai Rp 2,5 juta perbulan, naik turun, gak menentu," tuturnya.

Elwis menjual kalung, cincin, gelang, hingga anting. Mulai dari ukuran anak-anak hingga dewasa. Modelnya pun juga kekinian. Namun, ada pula model yang juga pantas digunakan orang tua. 

Banyak pelanggan Elwis mengatakan, memakai xuping dengan tujuan bergaya di tengah harga emas yang terkadang naik drastis.

"Sejauh ini trendnya naik. Entah dampak dari perkembangan ekonomi global yg semakin turun, sehingga xuping jadi alternatif dibalik gempuran emas yg terus naik. Terlebih di kawasan area pasar tradisional," imbuhnya.

Pelanggan Elwis tidak pernah khawatir saat membeli perhiasan di tokonya. Sebab, perhiasan xuping bisa dijual kembali di tokonya.

"Kerugiannya jika dihitung lebih tinggi emas. Sementara baik model, desaim ukuran, dan penggunaanya sama dengan emas kan," imbuhnya.

Menurutnya, dagangannya laris diburu masyarakat, ketika menjelang hari raya Idul Fitri.

“Karena sudah terbukti, menjelang hari raya pendapatan meningkat layaknya emas pada umumnya," tandasnya.

Topik Menarik