10 Oleh-Oleh Khas Probolinggo: Dari yang Lezat Menggugah Selera hingga Berkhasiat untuk Kesehatan

10 Oleh-Oleh Khas Probolinggo: Dari yang Lezat Menggugah Selera hingga Berkhasiat untuk Kesehatan

Gaya Hidup | probolinggo.inews.id | Senin, 23 September 2024 - 15:00
share

JAKARTA, iNewsProbolinggo.id - 10 Oleh-Oleh Khas Probolinggo. Probolinggo menawarkan beragam makanan lezat yang tidak hanya bisa dinikmati di daerah tersebut, tetapi juga bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh. 

Berikut 10 oleh-oleh khas Probolinggo:

1.Sirop Pokak

Sirop pokak adalah minuman khas Probolinggo yang terbuat dari bahan-bahan seperti cengkeh, jahe, kayu manis, gula merah, pandan, dan jeruk purut. Selain rasanya yang unik, sirop ini juga dikenal dapat menghangatkan tubuh dan memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk meredakan batuk dan menurunkan kolesterol.

2.Abon Ikan

Abon ikan adalah camilan kaya vitamin yang tahan lama saat dikemas, sehingga sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Probolinggo terkenal dengan abon ikan yang lezat, baik dinikmati sebagai camilan atau sebagai lauk dengan nasi hangat.

3.Anggur Prabu Bestari

Sebagai salah satu daerah penghasil anggur, Probolinggo sering dijuluki Kota Anggur. Sejak tahun 1980-an, daerah ini telah menjadi sentra anggur terbesar di Indonesia. Pastikan Anda membawa pulang anggur Prabu Bestari sebagai oleh-oleh.

4.Proll Tape

Proll tape adalah oleh-oleh khas Probolinggo yang terbuat dari olahan tape. Makanan ini menggunakan bahan-bahan seperti singkong, tepung terigu, gula, telur, mentega, susu, garam, serta taburan keju dan kismis.

 

5.Keripik Kentang

Masyarakat Probolinggo mengolah kentang menjadi keripik gurih dan lezat, yang bisa menjadi alternatif kerupuk. Keripik kentang khas Probolinggo memiliki tampilan yang mirip dengan keripik Gadung.

6.Rengginang Ikan Tenggiri

Di Probolinggo, Anda akan menemukan banyak camilan gurih, salah satunya adalah rengginang ikan tenggiri. Camilan ini terbuat dari ikan tenggiri yang diolah menjadi rengginang.

7.Ketan Kratok

Ketan kratok dibuat dari beras ketan, kacang koro yang dihaluskan, dan parutan kelapa yang dilumuri gula merah. Banyak dijual di sudut-sudut Kota Probolinggo, camilan ini mudah ditemukan dan harganya terjangkau.

8.Keripik Jahe

Keripik jahe diolah dari jahe yang diiris tipis dan digoreng hingga kering. Selain rasanya yang lezat, keripik ini juga bermanfaat bagi kesehatan.

9.Olahan Mangrove

Probolinggo memproduksi berbagai produk pangan unik dari mangrove yang menjadi salah satu oleh-oleh khas. Anda bisa menemukan berbagai produk seperti sirup, cola, dan jenang, yang dibuat oleh petani mangrove setempat.

10.Manisan

Sebagai daerah penghasil mangga dan tomat yang melimpah, masyarakat Probolinggo mengolahnya menjadi manisan yang awet dan cocok dijadikan oleh-oleh.

Topik Menarik