Museum Negeri Gayo Jaring Talenta Budaya Melalui Event Edukatif Kultural Museum

Museum Negeri Gayo Jaring Talenta Budaya Melalui Event Edukatif Kultural Museum

Gaya Hidup | portalaceh.inews.id | Sabtu, 19 Oktober 2024 - 17:30
share

TAKENGON, iNewsPortalAceh.id – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Tengah melalui UPTD Museum Negeri Gayo menggelar event Edukatif Kultural Museum yang bertujuan menjaring talenta budaya lokal (19/10/2024).

Event ini berlangsung meriah dengan berbagai perlombaan yang terkait kebudayaan Gayo, seperti lomba Syaer Gayo, cerdas cermat bahasa dan budaya Gayo, Kekeberen (bercerita), permainan tradisional, dan olahraga tradisional.

Kegiatan ini terbuka untuk siswa dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), hingga Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) di wilayah Aceh Tengah.

Acara yang telah berlangsung sejak 14 Oktober dan berakhir pada 19 Oktober 2024 ini diharapkan mampu meningkatkan minat generasi muda terhadap pelestarian kebudayaan lokal Gayo.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tengah, Harun Manzola, mengatakan bahwa Museum Negeri Gayo yang diresmikan pada 26 September 2005 oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, ini tidak hanya menyimpan bukti sejarah peradaban Gayo, tetapi juga berfungsi sebagai pusat informasi budaya.

"Museum ini menjadi tempat belajar dan menggali informasi budaya, yang pada akhirnya membantu melestarikan dan mengembangkan kebudayaan daerah," ujar Harun Manzola.

Sementara Kepala UPTD Museum Negeri Gayo, Eva Qurratuaini, mengatakan pihak nya setiap tahun mengelar sejumlah kegiatan untuk menjaring talenta.

“Hal tersebut sebagai usaha Museum Negeri Gayo untuk mendorong semangat yang kuat bagi generasi muda untuk melestarikan budaya gayo,” kata Eva Qurratuaini.

 

Ia menambahkan melalui kegiatan Edukatif Kultural Museum berharap generasi muda semakin terlibat aktif dalam upaya pelestarian budaya dan semakin mengenal serta mencintai warisan leluhur Gayo.

Topik Menarik