Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa Distarter, Tak Hanya karena Aki Soak Cek Komponen Ini

Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa Distarter, Tak Hanya karena Aki Soak Cek Komponen Ini

Otomotif | inews | Selasa, 1 Oktober 2024 - 15:31
share

JAKARTA, iNews.id - Cara mengatasi mobil tidak bisa distarter perlu diketahui pemilik kendaraan. Ini dibutuhkan terutama saat berpergian jauh.

Jika mobil Anda tiba-tiba sulit atau bahkan tidak bisa distarter bisa jadi terdapat masalah pada komponen kendaraan.  Sering kali, pemilik mobil tidak menyadari kerusakan tersebut, terlebih untuk komponen yang jarang diperiksa.

Komponen utama yang mungkin mengalami kerusakan, yakni bagian dinamo starter. Inilah bagian yang rawan menjadi masalah dan perlu diperiksa jika mobil tidak bisa dihidupkan. Fungsi utama dinamo starter adalah untuk menghidupkan kendaraan sehingga akan bermasalah jika komponen ini rusak.

Gangguan lain bila mesin mobil tidak bisa distarter adalah masalah aki dan busi. Jika di tengah jalan mesin mobil tiba-tiba tidak berfungsi atau berhenti mendadak, maka bagian ini yang penting untuk diperiksa.

Permasalahan mobil tidak dapat distarter juga bisa disebabkan karena aliran bahan bakar yang tidak lancar.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Dilansir dari laman Suzuki, berikut cara mengatasi mobil tidak bisa distarter.

Cara mengatasi mobil tidak bisa distarter

1. Periksa Busi

Salah satu komponen yang paling mudah diperiksa ketika mobil tidak bisa distarter adalah busi. Cek busi mobil, jika tampak Anda perlu membersihkannya. Caranya cukup mudah, hanya menggosok busi dengan kain bersih.

Jika busi sudah rusak atau habis masa pakainya maka Anda perlu segera diganti. Supaya mencegah berbagai masalah pada mobil, perawatan dan penggantian busi sebaiknya dilakukan secara rutin.

2. Cek Aki

Pengecekan aki secara rutin adalah langkah penting yang perlu dilakukan. Ketika mesin mobil tidak bisa menyala, maka bagian ini pula yang penting untuk diperiksa.

Periksa kedua bagian kutub pada aki mobil. Caranya, lepas bagian kutub positifnya, lalu bersihkan kotoran yang menempel. Masalah umum yang terjadi pada aki yakni adanya kotoran di bagian tersebut yang menempel dan menghambat fungsi mesin mobil.

Setelah mengecek dan membersihkan bagian tersebut, periksa indikator pada panel instrumen mobil. Silakan lihat kondisi aki, apakah menyala atau tidak.

Jika sudah menyala, aki masih berfungsi dengan baik dan tidak perlu diganti. Namun, jika tidak menyala, maka bisa saja air aki sudah habis dan perlu diganti dengan yang baru.

Sebenarnya, ini merupakan perawatan rutin terhadap aki mobil yang harus dilakukan setiap pemilik mobil. Merawat aki secara optimal, Anda bisa meminimalisir risiko mesin mati atau tidak bisa distarter.

3. Periksa Fuel Pump

Fuel pump adalah fitur mobil yang memiliki peran untuk mengatur kelancaran aliran bahan bakar, sehingga dapat digunakan dengan baik. Jika Anda kesulitan menyalakan mesin mobil, langkah penting yang perlu dilakukan yakni mengecek bagian fuel pump.

Caranya mudah, Anda hanya perlu melihat bagian Multi Information Display (MID) yang terdapat di bagian layar mobil. Anda bisa lihat melalui check engine spidometer, hasilnya akan muncul setelah beberapa saat.

Dari sana, Anda dapat mengetahui apakah ada masalah atau tidak di bagian fuel pump. Jika ada masalah, maka akan membuat aliran bahan bakar di mobil menjadi tidak lancar. Dampaknya, mobil menjadi sulit untuk distarter. Ini karena ada kotoran di dalamnya atau mesin mobil terlalu dingin.

Jika Anda tidak bisa melakukan pembersihan atau mengatasi sendiri, berkonsultasilah dengan mekanik di bengkel.

4. Cek Kondisi Sekring

Jika bagian busi dan aki mobil stabil, namun mobil tidak bisa menyala bisa saja terdapat masalah di bagian sekring. Terdapat dua kutub di bagian sekering, yakni utara dan selatan. Jika kabel penghubung keduanya terputus, maka mobil menjadi tidak bisa distarter.

Bagian ini rumit untuk diperbaiki sendiri, sebaiknya Anda segera menghubungi jasa montir atau bengkel terdekat.

5. Bersihkan Karburator

Bagian karburator yang jarang dibersihkan biasanya menjadi kotor dengan banyak noda dan debu menempel. Ini bisa menghambat fungsinya, sehingga jadi mesin mobil sulit atau bahkan tidak bisa menyala.

Sebab itu, penting untuk membersihkan karburator mobil secara rutin. Bawalah mobil ke bengkel untuk melakukan tindakan perawatan yang satu ini.

6. Cek Koil

Ketika suhu bagian koil terlalu tinggi, maka ini bisa menjadi penyebab mesin mobil sulit menyala. Sebab itu, penting untuk memeriksa bagian koil secara rutin dan mengganti bagian ini jika sudah tidak berfungsi optimal.

Permasalahan bagian koil sering kali terjadi ketika berada dalam perjalanan dan mobil mati mendadak. Jika terjadi, Anda dapat menghubungi teknisi ahli atau bengkel terdekat untuk segera diperiksa.

7. Periksa Dinamo Starter

Jika mobil sudah berusia lebih dari 8 tahun, kedua bagian ini semakin rawan bermasalah. Ciri alternator rusak yakni terjadi disfungsi di bagian arus listrik mobil, sedangkan ciri dinamo rusak yakni mobil sulit dinyalakan.

Anda dapat membawanya ke bengkel atau menghubungi bengkel terdekat jika terjadi masalah ini. Jika dibiarkan terlalu lama, kerusakan bisa lebih parah.

Itulah cara mengatasi mobil tidak bisa distarter. Meski tidak semua dapat dilakukan sendiri, minimal Anda bisa mengetahui penyebab dan cara mencegahnya.

Topik Menarik