Sultan Palur PO Rosalia Indah Borong 18 Bus dari Karoseri New Armada dan Laksana, Pakai Livery Baru

Sultan Palur PO Rosalia Indah Borong 18 Bus dari Karoseri New Armada dan Laksana, Pakai Livery Baru

Otomotif | inews | Jum'at, 27 September 2024 - 16:42
share

JAKARTA, iNews.id - Perusahaan otobus (PO) Rosalia Indah terus merilis bus-bus baru dengan sasis premium. Terbaru, PO bus berjuluk "Sultan Palur" itu memborong bus anyar dari sejumlah karoseri.

Sebelumnya, PO Rosalia Indah merilis 10 bus baru dari karoseri New Armada dengan menggunakan sasis Mercedes-Benz. Kali ini, PO bus asal Karanganyar, Jawa Tengah itu merilis bus dari karoseri Laksana dengan menggunakan bodi Legacy SR3 Neo HD Prime Ultimate. 

Belum diketahui, berapa jumlah armada baru PO Rosalia Indah yang digarap oleh karoseri Laksana. Tapi dari foto yang diunggah pada akun Instagram @rosaliaindah.official, ada delapan unit baru yang keluar dari karoseri Laksana. Jadi diperkirakan ada 18 bus baru dari kedua karoseri tersebut.

Seluruh bus tersebut menggunakan konsep yang sama, yakni model kaca depan double glass. Armada tersebut memiliki kelas Eecutive Plus, yang artinya bakal ditujukan untuk trayek Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Bagian eksterior, bua baru PO Rosalia Indah menggunakan livery terbaru dengan garis-garis lebih tegas, memadukan warna biru muda, merah, putih, dan oranye. Menariknya, pada bagian samping dibuat seolah itu adalah bus tingkat dengan penggunaan warna hitam pekat tepat di atas ban.

Masuk ke bagian dalam bus, kesan nyaman terpancar dari permainan warna dan lampu. Plafonnya menggunakan warna cream terang yang dipadukan dengan hitam, membuat suasana kabin terasa lebih lapang.

Sementara jok dipasok oleh Rimba Kencana dengan ukuran cukup besar dilengkapi leg rest terpisah. Kursi dibalut warna hitam dan merah dengan tujuan agar tidak mudah kotor dan lebih mudah dibersihkan.

Soal fasilitas, terdapat TV dengan ukuran cukup besar, USB pada rover AC, Toilet dengan closet duduk, dan wastafel. Sayang, tidak ada dispenser untuk membuat minuman panas atau dingin dalam armada tersebut.

Untuk sasis, seluruh bus baru PO Rosalia Indah menggunakan Mercedes-Benz OH 1626 Euro 4 Air Suspension. Sasis ini pakai mesin berkapasitas 6.374 cc, OM 906 LA Euro 3 Diesel, 6-Silinder Segaris, Direct Injection, dengan Turbocharger dan Intercooler.

Tenaga yang dikeluarkan 191 KW (260 dk) pada 2.200 rpm dan torsi puncak 950 Nm pada 1.200-1.600 rpm. Tenaga tersebut disalurkan melalui pilihan transmisi manual 6-percepatan atau otomatis 6-percepatan.

Topik Menarik