Menjajal Hyundai Kona Electric Jakarta-Semarang Cukup Sekali Charging, Begini Sensasinya

Menjajal Hyundai Kona Electric Jakarta-Semarang Cukup Sekali Charging, Begini Sensasinya

Otomotif | inews | Jum'at, 27 September 2024 - 13:45
share

SEMARANG, iNews.id - Hyundai telah meluncurkan mobil listrik terbaru produksi Indonesia, All New Kona Electric. Banyak yang penasaran bagaimana bila mobil listrik ini dikendarai ke luar kota dengan jarak ratusan kilometer (km).

Jurnalis iNews.id iNews.id berkesempatan menjajal All New Kona Electric 2024 dalam event Hyundai Media Drive: The All New Kona Electric. Bikin kaget, mobil mampu melahap sekitar 420 km dari Jakarta sampai Semarang  dengan sekali pengisian baterai. 

Perjalanan dimulai dari Kota Bekasi, Rabu (25/9/2024). Mobil yang dipakai All New Kona Electric varian Signature Long Range. Rombongan berangkat sekitar pukul 09.00 WIB dengan kondisi baterai terisi penuh. 

Mobil di-setting pada mode Eco dengan suhu AC paling dingin. Mobil mulai memasuki Tol Jakarta-Cikampek dengan kecepatan rata-rata 80-90 km per jam. 

Pada awal perjalanan iNews.id duduk di kursi penumpang depan. Posisi duduk sangat nyaman dengan jarak jok dengan head unit yang lega. Kaki bisa nyaman ketika perjalanan jauh. Mobil ini juga dilengkapi berbagai fitur canggih layar sentuh hingga audio visual yang keren. 

Di tengah perjalanan giliran jurnalis iNews.id mencoba berkendara. Pengemudi dimanjakan dengan fitur Hyundai Smartsense. Pengemudi bisa menjaga kendaraan tetap di jalur yang tepat dengan lebih mudah berkat panduan Lane Keeping Assist (LKA).

Pengemudi juga dimudahkan dengan adanya fitur  Blind-Spot View Monitoring. Fitur ini membantu pengemudi melihat titik buta sekitar mobil dengan bantuan kamera yang bisa dilihat di layar sentuh area dashboard. 

Hyundai Kona Electric juga dilengkapi Driver Attention Warning (DAW). Fitur ini akan memberikan sinyal kepada pengemudi untuk beristirahat ketika sudah kelelahan. 

Fitur-fitur tersebut sangat membantu dan memberikan rasa nyaman kepada pengemudi ketika menempuh perjalanan dari Jakarta ke Semarang. Akhirnya pada pukul 19.30 WIB rombongan tiba di tujuan akhir Kota Semarang. 

Membuat kaget, mobil belum kehabisan baterai ketika tiba di Kota Semerang. Baterai masih tersisa 13 persen meskipun menempung jarak sekitar 420 km per jam. 

Perjalanan dilanjutkan Kamis (26/9/2024) dengan rute keliling Kota Semarang. Baterai mobil kembali diisi 100 persen. Pada hari kedua, jurnalis iNews.id mencoba duduk di bangku penumpang belakang. Jarak jok belakang dan depan cukup lega membuat leg room lebih luas, sehingga penumpang merasa nyaman.

Penumpang juga dapat memanfaatkan fitur V2L indoor untuk pengisian daya baterai handphone hingga laptop. Diketahui, Hyundai All New Kona Electric dilengkapi dua fitur V2L, yaitu V2L indoor yang berada di dalam kabin mobil dan V2L outdoor berada di bagian depan kendaraan.

Fitur outdoor V2L dapat mendukung beragam perangkat elektronik di luar kendaraan dengan daya maksimal hingga 3kW. Ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Salah satunya memasak.

Uji coba memasak dilakukan di Museum Kereta Api Ambarawa. Mobil Hyundai All New Kona Electric dihubungkan dengan perangkat memasak elektronik, seperti air fury fire, blender hingga pemanggang listrik. Semua alat tersebut berfungsi dengan baik ketika dihubungkan ke outdoor V2L Hyundai Kona Electric. Bahan yang dimasak pun matang dengan sempurna.
 
So, secara keseluruhan dalam perjalanan selama dua hari Jakarta-Semarang, sebagai mobil SUV kompak Kona Electric terasa nyaman. Berbagai fitur yang dihadirkan sangat membantu pengemudi dan penumpang sehingga memberikan pengalaman berkendara menyenangkan.

Topik Menarik