Momen Indah Hilang di Archive Instagram, Begini Cara Memindahkan ke Google  Drive

Momen Indah Hilang di Archive Instagram, Begini Cara Memindahkan ke Google  Drive

Otomotif | inews | Kamis, 26 September 2024 - 10:07
share

JAKARTA, iNews.id - Belakangan ini ramai pengguna Instagram mengeluhkan tidak bisa membuka momen indah mereka di masa lalu yang tersimpan dalam fitur Archive. Biasanya, fitur tersebut digunakan untuk menyimpan unggahan Instagram Stories.

Seperti diketahui, Instagram Stories (Cerita Instagram) merupakan konten yang dibagikan dalam bentuk foto atau video vertikal singkat. Cerita Instagram hanya tersedia selama 24 jam dan akan hilang otomatis serta masuk ke Archive.

Tapi, sejak Juli 2024, banyak pengguna mengeluh tidak bisa memutar ulang Instagram stories mereka yang tersimpan di folder Archive. Ini menuai banyak pertanyaan dan kekecewaan terhadap seluruh pengguna.

Dilansir Newsbytesapp, Kamis (26/9/2024), Meta selaku perusahaan pemilik Instagram, menjelaskan beberapa arsip milik pengguna akan dihapus. Ini terjadi karena adanya kecacatan atau bug dari pihak Meta.

Instagram Stories yang terkena bug tersebut tidak dapat dipulihkan. Ini membuat para pengguna kecewa karena tidak bisa mengulang kembali momen yang pernah mereka abadikan.

Untuk mengantisipasi hal tersebut terjadi, ada dua cara yang bisa dilakukan pengguna Instagram dalam menyelamatkan momen yang tersimpan di fitur Archive. Cara yang dapat digunakan adalah memindahkan ke Google Drive dan melakukan back up data. Bagaimana caranya? 

Berikut cara memindahkan ke Google Drive:

1. Buka akun Instagram 
2. Klik menu "Profil" 
3. Klik "Edit Profil" 
4. Gulit ke bawah, lalu klik "Pengaturan Informasi Pribadi" 
5. Pilih "Your Information and Permissions" 
6. Klik "Dwonload Your Information" 
7. Unduh semua data yang terhubung dengan akun Instagram, selanjutnya pilih "Download to Device" 
8. Pilih "Destination" pilih ke Google Drive 
9. Pilih akun email 
10. Klik "Start Transfer" untuk memulai proses pengunduhan arsip story. Tunggu sampai semua data berhasil dipindahkan ke Google Drive.

Topik Menarik