Kona Electric Masih Pertahankan Tombol Fisik di Area Dashboard, Ini Alasannya

Kona Electric Masih Pertahankan Tombol Fisik di Area Dashboard, Ini Alasannya

Otomotif | inews | Rabu, 25 September 2024 - 21:52
share

SEMARANG, iNews.id - Hyundai All New Kona Electric menjadi salah satu mobil listrik yang dilengkapi fitur-fitur canggih. Meski memiliki layar sentuh, namun mobil listrik yang diproduksi di Indonesia ini tetap mempertahankan fitur tombol fisik di area dashboard.

Tombol fisik tersebut terletak di area kemudi hingga area dashboard, antara lain pengatur AC, pengatur drive mode, fitur map atau peta, akses media visual dan pengaturan mode Hyundai Smartsense mulai dari Adaptive Cruise Control (ACC) sampai Lane Keeping Assist (LKA).

Ternyata penempatan tombol-tombol fisik tersebut memiliki tujuan penting bagi pengemudi. Product Expert Assistant Manager PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Bonar Pakpahan menjelaskan tombol-tombol fisik bertujuan untuk memudahkan pengemudi agar tetap fokus berkendara jika ingin mengaktifkan fitur-fitur di mobil.

"Kita tidak perlu mengalihkan pandangan dari jalan, tangan kita sudah bisa meraih tombol-tombol itu dan melakukan apa yang ingin kita lakukan supaya fitur tersebut bisa terpakai," ujar Bonar.

Dia menyebut ini tak lepas dari kebiasaan pengemudi di Indonesia yang terbiasa dengan tombol fisik. Sebab itu, Bonar menilai tombol fisik di Hyundai All New Kona Electric jadi salah satu fitur safety riding paling penting.

"Bahkan saya bilang sebagai faktor safety (keselamatan) yang penting tombol fisik ini," ujarnya.

All New Kona Electric hadir dalam lima varian, yaitu Style, Prime Standard, Prime Long, Signature Standard dan Signature Long. Masing-masing varian memiliki spesifikasi berbeda.

Pada vairan Style dan Prime Standard, pabrikan membekalinya dengan baterai 48,9 kwh yang punya jangkau maksimal 448 km. Sementara motor listriknya menghasilkan tenaga 156 PS dan torsi 255 Nm.

Kemudian varian Prime Long Range punya baterai 66 kwh dengan jangkauan 602 km. Tenaganya 217 PS dan torsi 255 Nm. Sementara Signature Standard Range dibekali baterai 48,9 kwh yang punya jarak tempuh 448 km. Tenaganya 156 PS dan torsi 255 Nm.

Terakhir ada Signature Long Range dengan baterai 66 kwh dengan jarak tempuh 549 km. Tenaga yang dimiliki maksimal 217 PS dan torsi 255 Nm.

Topik Menarik