CATL Minta Produsen Otomotif China Hentikan Perang Harga

CATL Minta Produsen Otomotif China Hentikan Perang Harga

Otomotif | sindonews | Kamis, 27 Juni 2024 - 18:02
share

Pendiri dan ketua pembuat baterai kendaraan listrik terbesar di dunia, CATL, Robin Zeng, mendesak pembuat kendaraan listrik China dan produsen komponen mobil untuk menghentikan perang harga yang telah melanda sektor ini.

BACA JUGA - BYD Denza D9: Kecanggihan BYD, Kenyamanan Alphard, dan Kelegaan Staria

Dia menyarankan perusahaan untuk fokus pada keandalan produk mereka.

Berbicara pada Pertemuan Tahunan New Champions ke-15, Summer Davos, Zeng ikut serta dalam peringatan baru-baru ini bahwa persaingan harga yang ketat seperti itu dapat berdampak pada keselamatan, serta keuntungan.

“Persaingan dalam industri [EV] harus mengadu pemain satu sama lain dalam hal teknologi, nilai jangka panjang, keberlanjutan serta keselamatan dan keandalan,” katanya seperti dilansir dari SCMP, Kamis (27/6/2024).

“Persaingan harga yang terjadi satu kali saja tidak diinginkan. Bagaimanapun, ini adalah perlombaan sepanjang siklus hidup produk.” dia menambahkan.

Zeng, adalah seorang pemimpin bisnis berpengaruh yang mengkritik persaingan ketat di industri kendaraan listrik Tiongkok, yang saat ini menjadi salah satu katalis dalam perekonomian Tiongkok.

Di tengah meningkatnya kekhawatiran atas penurunan harga yang berkelanjutan, hal ini dapat menjerat perusahaan seperti BYD, yang merupakan produsen kendaraan listrik terlaris.

Pada bulan April, Goldman Sachs memperkirakan dalam laporan penelitiannya bahwa jika BYD kembali memotong harga setiap kendaraan sebesar US$1.418, profitabilitas industri kendaraan listrik secara keseluruhan di negara tersebut akan berubah menjadi negatif pada tahun 2024.

Pekan lalu, David Xu Daquan, presiden Bosch China, mengatakan kepada wartawan dalam jumpa pers bahwa meningkatnya perang harga tidak hanya akan mempengaruhi keuntungan produsen mobil China tetapi juga mempengaruhi posisi mereka sebagai pemimpin industri global.

Topik Menarik