Motor Injeksi Mati Mendadak, Ini Hal Penting Harus Diperhatikan

Motor Injeksi Mati Mendadak, Ini Hal Penting Harus Diperhatikan

Otomotif | inews | Senin, 3 Juni 2024 - 07:55
share

JAKARTA, iNews.id Sepeda motor saat ini sudah banyak yang dibekali sistem pengabutan injeksi yang menyalurkan bahan bakar dengan cara menyemprotkan sesuai kebutuhan. Apabila bahan bakar minyak (BBM) memiliki kualitas buruk dan kotor, saluran penyemprotan tertutup dan motor bisa mati tiba-tiba.

Bahan bakar berkualitas rendah dapat memengaruhi kinerja mesin motor jenis ini, terutama saat injeksi menyalurkan bahan bakar ke ruang mesin. Sebab itu, disarankan untuk memakai BBM dengan kadar oktan yang ditentukan pabrikan.

Penyebab lain motor injeksi mati mendadak adalah saringan udara yang mulai kotor sehingga ruang mesin tidak mendapat oksigen cukup. Mengganti saringan udara disarankan sesuai dengan interval yang direkomendasikan.

Berikutnya busi juga bisa menjadi faktor motor injeksi tidak bisa menyala akibat tidak memberikan sumber pengapian yang optimal. Busi kotor atau memiliki gap antara elektroda yang tidak sesuai dengan spesifikasi juga bisa memengaruhi kinerja mesin.

Untuk memastikan motor injeksi beroperasi dengan performa maksimal, dilansir dari laman Suzuki berikut tips yang dapat dilakukan:

- Filter Udara

Filter udara yang kotor dapat mengurangi efisiensi bahan bakar dan performa mesin. Bersihkan filter udara setiap 2.000 km dan gantilah jika sudah terlihat rusak atau terlalu kotor.

- BBM dengan Oktan Sesuai

Motor injeksi dirancang untuk bekerja dengan bahan bakar tertentu. Pastikan Anda mengisi bahan bakar dengan oktan yang direkomendasikan oleh pabrikan untuk menghindari knocking dan menjaga sistem injeksi bekerja dengan baik.

- Oli Mesin

Oli mesin yang berkualitas dan diganti secara teratur adalah kunci untuk menjaga mesin tetap bersih dan bekerja dengan lancar. Umumnya, penggantian oli mesin dilakukan setiap 3.000 hingga 5.000 km.

- Bersihkan Injektor Secara Berkala

Injektor adalah komponen penting pada motor injeksi. Pastikan injector selalu bersih dan bekerja dengan baik untuk efisiensi bahan bakar yang maksimal. Jika perlu, lakukan pembersihan injector di bengkel resmi.

Topik Menarik