AC Mobil Tetap Dingin dan Tidak Bau, Perhatikan 5 Cara Merawat

AC Mobil Tetap Dingin dan Tidak Bau, Perhatikan 5 Cara Merawat

Otomotif | serpong.inews.id | Minggu, 2 Juni 2024 - 05:20
share

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Komponen sangat penting dalam kendaraan salah satunya AC, terutama saat cuaca panas atau hujan.

Untuk menjaga agar AC mobil tetap berfungsi dengan baik, perlu diperhatikan beberapa hal.

Berikut tips merawat AC mobil agar tetap dingin dan tidak bau:

1. Jaga Kebersihan Kabin

Bersihkan secara teratur kabin mobil dari debu, kotoran, dan remahan makanan. Kotoran yang terbawa bisa merusak evaporator dan mengganggu kualitas udara dalam kabin.

2. Cek Filter Kabin

Pastikan filter kabin dalam kondisi bersih. Filter yang kotor dapat menghambat aliran udara dan menyebabkan udara AC menjadi kotor. Ganti filter secara berkala untuk menjaga kualitas udara dalam kabin.

3. Perhatikan Kondensor AC

Bersihkan kondensor AC dari debu dan kotoran secara berkala. Gunakan air bertekanan, namun pastikan semprotan air sejajar dengan sirip kondensor untuk menghindari kerusakan.

4. Periksa Freon AC Mobil

Pastikan volume freon AC tetap penuh dan tidak ada kebocoran di sistem. Kebocoran freon dapat menyebabkan AC tidak berfungsi dengan baik.

5. Perhatikan Kondisi Kompresor AC

Periksa kondisi selang, oli, dan tegangan sabuk pemutar kompresor. Pastikan tidak ada kebocoran atau kerusakan pada kompresor.

Dengan menjaga kebersihan, filter, kondensor, freon, dan kompresor AC mobil, dapat memastikan AC tetap dingin dan tidak bau selama perjalanan. Hal ini akan meningkatkan kenyamanan saat berkendara. (*)


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Tips Merawat AC Mobil agar Tetap Dingin dan Tidak Bau, Ini Harus Diperhatikan ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/mobil/tips-merawat-ac-mobil-agar-tetap-dingin-dan-tidak-bau-ini-harus-diperhatikan .

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Topik Menarik