Geely Kenalkan Baterai Mobil Listrik yang Bisa Bertahan 50 Tahun

Geely Kenalkan Baterai Mobil Listrik yang Bisa Bertahan 50 Tahun

Otomotif | sindonews | Kamis, 4 Juli 2024 - 08:04
share

Geely baru saja mengungkap baterai lithium-iron-phosphate terbaru untuk kendaraan listrik dan diklaim mampu digunakan hingga 1 juta kilometer atau setara 50 tahun!

BACA JUGA - Volkswagen Mulai Khawatir dengan Produsen Mobil Listrik China

Seperti dilansir dari Autopro, baterai ini dikatakan mampu mengisi daya lebih cepat, beroperasi lebih baik di cuaca dingin, dan mampu bertahan dalam kondisi ekstrem.

Baterai baru ini juga dilengkapi desain baru yang membuatnya lebih aman dengan masa pakai lebih lama. Dapat diisi dayanya sebanyak 3.500 kali yang setara dengan 1 juta kilometer berkendara.

Tak hanya membantu menaikkan harga kendaraan listrik bekas, namun disebut mampu mengurangi emisi karbon hingga 80.000 ton per tahun. Sel baterai ini memiliki kapasitas 192 Wh/kg dan 40 lebih pendek dibandingkan baterai blade biasa.

Waktu pengisiannya hanya sekitar 17 menit 4 detik lebih cepat dibandingkan 26 pada baterai sebelumnya. Kapasitas baterai lama turun menjadi 78,96 pada suhu negatif 30°C namun baterai baru ini mampu mempertahankan kapasitasnya pada 90,54 dan kondisi yang sama.

Geely patut berbangga dengan kemampuan baterai barunya yang telah diuji dengan peluru 5,8mm dan tidak menimbulkan ledakan atau kebakaran.

Baterai ini juga ditusuk dengan 8 jarum logam berukuran 5 mm dan tidak mempengaruhi kapasitasnya meskipun didiamkan selama 1 jam. Fuh, tahan pelecehan ini.

Tak berhenti sampai disitu saja, aki ini kemudian terendam air laut, dilempar ke dalam api, dipukul dari kanan dan kiri, mengalami penurunan beban seberat 26 ton dan mengalami goresan di bagian luar dan semua itu tidak mempengaruhi kinerjanya sama sekali. Aku juga takut ketika mendengar ini.

Satu lagi persoalannya, Geely belum membeberkan kapan baterai ini akan mulai diproduksi dan digunakan di kendaraannya.

Topik Menarik