Motor Mati Mendadak di Jalan, Jangan Panik Ini Hal Penting Harus Dilakukan

Motor Mati Mendadak di Jalan, Jangan Panik Ini Hal Penting Harus Dilakukan

Otomotif | inews | Kamis, 30 Mei 2024 - 19:08
share

JAKARTA, iNews.id - Motor mogok di jalan tentu sangat meresahkan. Terlebih, bila kondisi tersebut terjadi jauh dari bengkel.

Apa yang harus dilakukan? Dilansir dari laman Suzuki, ada beberapa peyebab motor mogok mendadak, antara lain bahan bakar habis, keran bensin tertutup, oli mesin kering, busi bermasalah, komponen listrik korsleting, serta knalpot dan saringan udara terisi air.

Lalu, apa solusi mengatasi masalah motor mati mendadak di jalan? Jangan panik, berikut cara mengatasi motor mati mendadak di jalan.

1. Cek Bahan Bakar

Ketika motor tiba-tiba mogok di tengah jalan, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa ketersediaan bahan bakar. Coba cek indikator pada dashboard atau buka tangki secara manual untuk memastikan sisa bahan bakar.

Jika ternyata bahan bakar yang habis, segera cari tempat aman untuk mengisi ulang bahan bakar sebelum melanjutkan perjalanan. Lalu, periksa pula keran bensin dan pastikan tidak ada sumbatan yang bisa menghalangi aliran BBM ke karburator.

2. Periksa Kondisi Busi

Busi adalah komponen yang bertanggung jawab untuk menghasilkan percikan api yang diperlukan untuk pembakaran dalam mesin. Busi yang kotor atau rusak dapat menyebabkan kendaraan mogok karena tidak ada percikan api yang dihasilkan.

3. Dinginkan Mesin Sejenak

Jika mesin kendaraan terlalu panas atau overheat, segera berhenti dan istirahatkan motor untuk beberapa saat. Jangan lupa, cari tempat yang aman untuk beristirahat dan biarkan mesin dingin sejenak sebelum melanjutkan perjalanan.

4. Cek Oli Mesin

Selanjutnya, pastikan untuk secara rutin memeriksa tingkat dan kondisi oli mesin sebelum melakukan perjalanan. Jika masalah motor mogok terlanjur terjadi, segera ganti oli mesin dengan yang baru agar mesin tetap terlindungi dan kinerjanya optimal.

5. Bersihkan Knalpot dan Saringan Udara

Knalpot dan filter udara adalah dua komponen penting dalam sistem pembuangan dan pengaturan udara dalam mesin. Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu rutin membersihkan knalpot dan saringan udara motor Anda dari kotoran atau debu yang menumpuk.

6. Periksa Kondisi Kelistrikan Motor

Kelistrikan motor juga merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan. Jadi, cobalah memeriksa kondisi kabel-kabel listrik di kendaraan dan pastikan tidak ada yang lecet atau putus.

Topik Menarik