Bocah Tewas Terlindas Mobil di Perumahan akibat Blind Spot, Ini 8 Hal Harus Diperhatikan

Bocah Tewas Terlindas Mobil di Perumahan akibat Blind Spot, Ini 8 Hal Harus Diperhatikan

Otomotif | inews | Selasa, 2 Juli 2024 - 07:18
share

JAKARTA, iNews.id - Viral di media sosial seorang anak kecil tewas terlindas mobil SUV di persimpangan jalan perumahan. Kejadian tersebut sulit dihindari mengingat kepekaan anak kecil terhadap situasi sekitar masih sangat kurang.

Namun ini dapat dicegah bila pengemudi meningkatkan kewaspadaan di area pemukiman. Kecelakaan terjadi akibat blind spot alias adanya titik buta. Di mana jarak pandang pengemudi terbatas akibat dimensi kendaraan yang besar.

“Berbeda dengan jalan raya yang memiliki rambu dan marka jalan lebih lengkap, jalan di area perumahan biasanya lebih kecil serta minim rambu dan marka. Ditambah, adanya potensi masalah tambahan seperti anak bermain di jalan, hewan peliharaan, pedagang keliling, mobil parkir, dan aktivitas lain yang wajib diperhatikan,” kata Nur Imansyah Tara, marketing division head Auto2000 dalam keterangan persnya dilansir, Selasa (2/7/2024) 

Bagaimana menghindari kecelakaan akibat blind spot? Berikut tips berlendara aman di kawasan perumahan.

1. Dilarang Ngebut

Jangan pernah memacu mobil meskipun jalan sepi atau Anda penghuni kompleks tersebut. Ada potensi bahaya seperti anak kecil atau hewan tiba-tiba lari ke jalan. Atur kecepatan berkisar 5-10 km/jam terutama jika jalan kurang lebar dan rawan kecelakaan.

2. Hati-hati Banyak Gangguan

Jalan dalam lingkungan perumahan memiliki banyak gangguan yang bisa memicu kecelakaan, seperti polisi tidur atau persimpangan jalan. 

Bisa pula keluar-masuk orang atau kendaraan lain dari rumah yang wajib dipantau sepanjang jalan. Kendaraan kecil seperti gerobak pedagang juga dapat menghalangi jalan.

3. Jangan Asal Manuver

Melihat jalan sepi, banyak pengemudi yang tidak memperhatikan situasi, khususnya di persimpangan jalan. Ada pula yang main belok dengan sudut tajam yang dapat berbahaya jika dari arah berlawanan ada anak kecil atau kendaraan lain. Berhenti sejenak di persimpangan jalan untuk memastikan situasi aman dan lakukan manuver belok yang normal sesuai aturan lalu lintas.

4. Kurangi Kecepatan

Meskipun bukan di tengah jalan, segera kurangi kecepatan jika melihat ada anak kecil sedang bermain. Terlalu fokus bermain, anak kecil bisa berlari ke tengah jalan yang sangat berbahaya apabila pengemudi gagal mengantisipasinya.

5. Waspada Blind Spot

Meskipun mengendarai mobil sedan sekali pun, tetap ada kemungkinan tidak dapat melihat anak kecil di sekitar mobil. Apalagi saat manuver di jalan yang lebarnya terbatas. Khususnya kalau ternyata mobil yang dipakai berukuran besar sehingga menambah area blind spot.

6. Jaga Jarak Aman

Ketika ingin mendahului anak yang sedang bermain sepeda, usahakan jaga jarak aman saat mengikutinya agar memiliki ruang manuver ketika tetiba arah sepeda berubah arah atau membunyikan klakson agar si anak menyadari keberadaan mobil. Tetap jaga jarak aman ketika akan mendahului gerobak dan kendaraan lain yang melaju pelan di jalan perumahan.

7. Hargai Warga Sekitar

Kurangi kecepatan jika melihat ada warga yang sedang beraktivitas di depan rumahnya. Selain menjaga keselamatan, langkah ini juga untuk mencegah debu berterbangan atau cipratan genangan air, yang akan mengganggu orang lain. Selain itu juga untuk menghormati warga tersebut.

8. Hindari Bermain Ponsel

Menggunakan ponsel sambil mengemudi bisa membuat konsentrasi terpecah. Anda tidak sadar dengan keberadaan sekitar sehingga rentan kecelakaan. Sebab itu, letakkan ponsel dan selalu fokus serta waspada ketika mengemudi di jalan perumahan.

Topik Menarik