Sejarah! Atlet Jakarta Andi Sultan Raih Emas Taekwondo Nomor Poomsae Freestyle Pertama di PON 2024

Sejarah! Atlet Jakarta Andi Sultan Raih Emas Taekwondo Nomor Poomsae Freestyle Pertama di PON 2024

Olahraga | inews | Selasa, 17 September 2024 - 11:30
share

MEDAN, iNews.id- Atlet Taekwondo Jakarta, Andi Sultan Altaf Mirza mengukir sejarah di ajang PON 2024 Aceh-Sumatera Utara. Dia jadi atlet pertama yang meraih medali emas Taekwondo nomor Poomsae freestyle di PON.

Nomor Poomsae freestyle merupakan cabang baru dari Taekwondo kategori Poomsae yang baru dipertandingkan tahun ini.

Siswa SMA Ragunan ini jadi atlet pertama yang meraih medali emas. Hebatnya, prestasi itu diraih di debutnya berlaga di PON.

"Karena ini adalah pengalaman pertama saya di PON karena baru berusia 17 tahun, maka ini adalah emas PON pertama saya," ucap Andi, dikutip, Selasa (17/9/2024).

Andi Sultan meraih peringkat pertama dalam final kategori poomsae freestyle individu putera setelah berhasil mendapatkan nilai 7.060. Dia mengalahkan wakil Jawa Barat, Sumatera Utara dan Kalimantan Timur.

Medali perak diraih Wawan Saputra dari Jawa Barat dengan poin 7.020. Lalu, medali perunggu diraih Nur Insani Al Amin dari Sumatera Utara dan Muhammad Naufal dari Kalimantan Timur. Keduanya meraih nilai berurutan 6.340 dan 6.200.

Prestasi ini membuat Andi mengukir sejarah bagi Taekwondo Poomsae bagi Jakarta. Andi berterima kasih kepada semua pihak yang mendukungnya.

"Semua ini dapat tercapai atas izin Allah SWT, doa orangtua, dan tidak terlepas dari anggota tim yang solid. Selain itu, dukungan dari para pelatih terbaik serta arahan dari Pengprov TI Jakarta yang senantiasa memberikan pelatihan tepat sasaran bagi atletnya," katanya. 

Sebelumnya, Andi Sultan juga telah menyumbangkan medali emas untuk Jakarta dalam kategori Poomsae Freestyle pada POPNAS (Pekan Olahraga Pelajar Nasional) 2023 di Palembang. Berikut ini adalah sederet prestasi Andi Sultan Altaf Mirza

-Medali Emas Kejuaraan Dunia World Taekwondo Poomsae Challenge 2021
-Medali Emas Kejuaraan Dunia World Taekwondo Poomsae Challenge Grand Final 2021
-Medali Perunggu Kejuaraan Dunia World Taekwondo Poomsae Championship 2022 di Korea Selatan
-Medali Emas Pekan Olah Raga Pelajar Nasional 2023 di Palembang

Topik Menarik