Proses Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Eliano Reijnders Bakal Dibahas di DPR Siang Ini

Proses Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Eliano Reijnders Bakal Dibahas di DPR Siang Ini

Olahraga | inews | Selasa, 17 September 2024 - 11:59
share

JAKARTA, iNews.id – Proses naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Eliano Reijnders bakal dibahas di DPR, Selasa (17/9/2024) siang ini.  

Berdasarkan agenda DPR hari ini, Mees dan Eliano akan lebih dahulu menjalani rapat bersama dengan Komisi III. Rapat itu dijadwalkan akan dimulai pukul 13.00 WIB.

"Raker (rapat kerja) dengan Menkumham Supratman Andi Agtas dan Menpora Dito Ariotedjo. Agenda, pemberian persetujuan kewarganegaraan," tulis keterangan itu.

Setelah dengan Komisi III itu, tahapan selanjutnya adalah rapat dengan Komisi X. Rapat itu akan berlangsung pada pukul 15.00 WIB.

"Pertimbangan pemberian Kewarganegaraan Republik Indonesia kepada atlet sepak bola atas nama Eliano Johannes Reijnders, dan Mees Victor Joseph Hilgers," tambah keterangan itu.

Kedua pemain itu diproyeksikan untuk memperkuat Timnas Indonesia dalam lanjutan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Terdekat, Tim Garuda dijadwalkan melawan Bahrain dan China pada 10 dan 15 Oktober mendatang.

Setelah dari DPR nantinya proses naturalisasi pemain itu berlanjut ke Kemensesneg untuk mendapatkan surat keputusan dari Presiden Jokowi, lalu pengambilan sumpah dengan Kemenkumham. 

Sebelumnya, Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick berusaha mempercepat proses naturalisasi Mees dan Eliano. Tujuannya, agar kedua pemain itu dapat membela Timnas Indonesia dalam dua laga itu karena harus segera didaftarkan ke federasi sepak bola Asia (AFC).

"Tanggal 20 sampai 24 September kita masih ada waktu 4-5 hari untuk coba me-register. Kalau lewat dari tanggal 24, mereka tidak bisa main pada Oktober," kata Erick di Deli Serdang, Sabtu (14/9/2024).

Topik Menarik