Upacara Pembukaan PON 2024 Diundur Ikuti Jadwal Presiden Jokowi

Upacara Pembukaan PON 2024 Diundur Ikuti Jadwal Presiden Jokowi

Olahraga | inews | Minggu, 25 Agustus 2024 - 16:11
share

ACEH, iNews.id- Upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara (Sumut) diundur. Sebab, Presiden Joko Widodo ada acara lain yang bersamaan dengan pembukaan PON.

Upacara pembukaan PON 2024 rencananya digelar pada 8 September mendatang. Acara tersebut bakal dihelat di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh.

Namun, KONI mengumumkan pada pekan ini jadwalnya dimundurkan satu hari. Alhasil, upacara pembukaan PON Aceh-Sumut 2024 akan diselenggarakan pada 9 September mendatang.

Ternyata, pengunduran jadwal tersebut berkaitan dengan padatnya jadwal Presiden Jokowi. Hal itu diungkapkan oleh Deputi Kemenko PMK, Prof. Warsito.

Ada dua alasan, yang pertama diselaraskan dengan Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada tanggal 9, dan yang kedua, ada event nasional lainnya tahun ini, salah satunya MTQ yang akan dilaksanakan di IKN. Bapak Presiden mau tidak mau harus membagi waktu, sehingga diputuskan pembukaan PON XXI ditetapkan pada tanggal 9, kata Warsito dilansir dari laman resmi PON 2024, Minggu (25/8/2024).

Lebih lanjut, Warsito mengungkapkan kesiapan venue upacara pembukaan PON 2024, yakni Stadion Harapan Bangsa sudah hampir 100 persen. Proyek tersebut dipastikan bakal rampung dalam waktu dekat.

Meninjau kesiapan venue yang ada di Aceh, kami memastikan tadi beberapa lokasi, di antaranya Stadion Harapan Bangsa, sudah mencapai lebih dari 90 persen. Informasi dari teman-teman PUPR, Insya Allah juga segera diselesaikan dalam waktu dekat ini, ujar Warsito.

Insya Allah, semua sudah siap untuk pelaksanaan PON, pungkasnya.

Topik Menarik