Hornet Climbing Club Asah Skill Atlet Mudanya di Alun-Alun Dadaha Tasikmalaya

Hornet Climbing Club Asah Skill Atlet Mudanya di Alun-Alun Dadaha Tasikmalaya

Olahraga | tasikmalaya.inews.id | Kamis, 22 Agustus 2024 - 07:20
share

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.i d Para atlet muda dari Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kota Tasikmalaya yang tergabung dalam Hornet Climbing Club (HCC) rutin melaksanakan latihan panjat tebing di Alun-alun Dadaha.

Latihan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan keterampilan memanjat, tetapi juga untuk membentuk karakter yang kuat sejak dini.

Ketua Hornet Climbing Club, Ai Reustia, mengungkapkan bahwa latihan ini dirancang untuk membentuk karakter anak-anak sekaligus mengasah kemampuan mereka dalam panjat tebing.

"Kami ingin menanamkan nilai-nilai penting seperti ketekunan, disiplin, dan kepercayaan diri. Ini bukan sekadar persiapan untuk berprestasi dalam olahraga, tetapi juga membangun fondasi karakter yang akan mereka bawa hingga dewasa," ujar Ai pada Rabu (21/8/2024).

Hornet Climbing Club bertujuan untuk menemukan bakat-bakat muda yang berpotensi dan dapat membawa nama Tasikmalaya ke panggung nasional maupun internasional.

"Kami melatih anak-anak sejak usia 4 tahun agar mereka siap bersaing dalam kejuaraan pada usia 6 tahun," ujarnya.

Sejumlah atlet muda dari klub ini telah berhasil meraih prestasi di berbagai kompetisi. Contohnya, Raina Abdi Kamila Putri Amanat yang berhasil meraih peringkat 7 di Kejurprov Jawa Barat dan peringkat 15 di Kejurnas Kudus dalam kategori Youth E (usia 8-9 tahun). Selain itu, Syakira Salsa Bila berhasil meraih peringkat 25 di Kejurnas Kudus untuk kategori Youth D (usia 10-11 tahun).

Selain itu, dalam kejuaraan antar klub se-Jawa Barat, 12 anak dari Hornet Climbing Club berhasil meraih medali, mulai dari perunggu hingga perak, hanya dalam kurun waktu 6 bulan.

Syakira Salsa Bila, salah satu peserta latihan, menyatakan bahwa panjat tebing tidak hanya membantu meningkatkan keterampilan fisiknya, tetapi juga membangun kepercayaan diri dan semangat juangnya.

"Dengan dukungan penuh dari FPTI Kota Tasikmalaya, kami berharap dapat melahirkan atlet-atlet panjat tebing yang dapat membawa nama baik daerah di level nasional maupun internasional," tuturnya.

Topik Menarik