Estafet Obor dari Zinedine Zidane ke Rafael Nadal Warnai Opening Ceremony Olimpiade Paris 2024

Estafet Obor dari Zinedine Zidane ke Rafael Nadal Warnai Opening Ceremony Olimpiade Paris 2024

Olahraga | sindonews | Sabtu, 27 Juli 2024 - 05:50
share

Upacara Pembukaan Olimpiade Paris 2024 berlangsung meriah di Sungai Seine, Prancis, pada Sabtu (27/7/2024) dini hari WIB. Acara dimulai dengan legenda sepak bola Prancis, Zinedine Zidane, yang menyerahkan obor kepada petenis raja tanah liat, Rafael Nadal.

Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach turut hadir dalam upacara ini, membuka jalannya parade defile. Yunani menjadi negara pertama yang muncul, menumpang perahu di Sungai Seine, mengingat mereka adalah tuan rumah Olimpiade modern pertama pada 1896.

Baca Juga: Opening Ceremony Olimpiade Paris 2024 Berlangsung Menawan, Kontingen Indonesia Tampil EleganIndonesia menjadi negara ke-85 yang tampil dalam parade, berbagi perahu dengan Iran dan India. Pejudo Indonesia, Maryam March Maharani, tampak bersemangat mengibarkan bendera Merah Putih, menunjukkan kebanggaannya mewakili Indonesia di Olimpiade Paris 2024. Para atlet Indonesia tampil dengan pakaian tradisional kebaya Kutubaru merah untuk wanita dan beskap dengan celana putih untuk pria.

Upacara pembukaan kali ini berbeda dari biasanya yang diadakan di dalam stadion. Kali ini, urutan defile diatur berdasarkan jumlah atlet yang bertanding, dengan negara-negara yang mengirimkan kurang dari 200 atlet digabung dalam satu perahu. Setelah upacara pembukaan, beberapa nomor pertandingan Olimpiade Paris 2024 sudah dimulai, termasuk cabang olahraga bulu tangkis yang diikuti kontingen Indonesia.

Topik Menarik