5 Fakta Grup C Putaran Ketiga: Ada 5 Tim Pernah Main di Piala Dunia, Termasuk Indonesia

5 Fakta Grup C Putaran Ketiga: Ada 5 Tim Pernah Main di Piala Dunia, Termasuk Indonesia

Olahraga | inews | Jum'at, 28 Juni 2024 - 05:00
share

JAKARTA, iNews.id - Ada 5 fakta putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang menarik diulas. Salah satunya bikin bangga skuad Garuda.

Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) telah drawing atau undian grup putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Kuala Lumpur, Malaysia pada Kamis (27/6/2024).

Hasilnya, Timnas Indonesia menempati Grup C bersama Jepang, Australia, Arab Saudi, China, dan Bahrain. Grup ini layak disebut neraka melihat peta persaingan yang ada.

5 fakta menarik Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia:

1. Ada 5 tim pernah main di Piala Dunia

Dari enam kontestan Grup C, ada lima yang pernah merasakan main di Piala Dunia termasuk Indonesia.

Namun Indonesia masih memakai nama Hindia Belanda saat ikut Piala Dunia pertama yakni 1938.

Di Grup C, hanya Bahrain yang belum pernah merasakan atmosfer Piala Dunia.

Klasemen akhir Grup D Piala Asia 2023 menarik diulas. Timnas Indonesia finis di peringkat ketiga. (Foto: Instagram/indonesiafootballgalery)

2. Jepang dan Australia

Jepang dan Australia menjadi lawan yang familiar buat Indonesia. Belum lama ini Garuda juga berhadapan dengan dua negara tersebut di Piala Asia 2023.

Indonesia kalah 1-3 dari Jepang di fase grup. Kemduian dibantai Australia 0-4 di babak 16 Besar.

3. Arab Saudi bikin Lionel Messi merana

Calon lawan Indonesia yakni Arab Saudi pernah bikin Timnas Argentina yang dipimpin Lionel Messi merana. Momen ini terjadi di Piala Dunia 2022.

Kala itu Arab Saudi membungkam Argentina 2-1 pada laga perdana fase grup. Keesokan harinya pemerintah memberlakukan libur nasional untuk merayakan kesuksesan tersebut.

Klasemen Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia putaran kedua menarik diulas. (Foto: MPI/Aldhi Chandra)

4. Timnas Indonesia jangan ciut nyali

Garuda menjadi tim dengan peringkat paling rendah di Grup C. Saat ini Jepang menempati ranking 17 FIFA, satu tingkat di bawah juara dunia empat kali Jerman.

Kemudian Australia berada di peringkat ke-23, disusul ada Arab Saudi di tempat ke-56. Lalu Bahrain menduduki ranking 81, sedangkan China (88).

Indonesia menjadi tim dengan ranking FIFA paling rendah di Grup C. Tim asuhan Shin Tae-yong itu kini duduk di ranking 134 FIFA.

5. Shin Tae-yong tak panik

Jepang, Australia dan Arab Saudi adalah tim langganan Piala Dunia. Namun Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji mengatakan Shin Tae-yong tak mempermasalahkan hal tersebut.

"Tadi setelah selesai drawing, langsung menghubungi Coach Shin dan menyampaikan hasil drawing. Sesuai dengan instruksi lawan kita negara yang kita semua tahu dan Coach Shin merasa tidak masalah, senang saja kita hadapi," kata Sumardji saat dihubungi iNews.id, Kamis (27/6/2024).

Topik Menarik