Ada Pelatih Indonesia Rony Agustinus di Balik Sukses An Se Young Raih Emas Olimpiade Paris 2024

Ada Pelatih Indonesia Rony Agustinus di Balik Sukses An Se Young Raih Emas Olimpiade Paris 2024

Olahraga | sindonews | Kamis, 8 Agustus 2024 - 14:07
share

Tunggal putri Korea, An Se Young, berhasil meraih medali emas cabang bulu tangkis. Ada peran besar pelatih Indonesia, Rony Agustinus, yang mengantar dirinya mencapai puncak karier di Olimpiade .

An Se Young sukses meraih medali emas setelah mengalahkan He Bingjiao dari Cina dalam dua game langsung dengan skor 21-13, 21-16. Usai laga, dia menyebut keberhasilan dirinya tidak lepas dari peran pelatih Rony Agustinus.

Berikut profil singkat Rony Agustinus yang dikutip dari berbagai sumber:

Rony Agustinus mulai melatih sektor tunggal bulu tangkis Korea Selatan sejak tahun 2022. Lahir pada tahun 1978, Rony adalah mantan pemain bulu tangkis Indonesia yang berkiprah di era awal 2000-an. Ia beberapa kali menjadi bagian dari tim Indonesia di ajang SEA Games, Asian Games, dan Piala Thomas.

Setelah pensiun sebagai pemain, Rony beralih menjadi pelatih dan sempat menangani Pelatnas Pratama di PBSI. Kemudian, ia melanjutkan kariernya sebagai pelatih di Malaysia selama enam tahun sebelum pindah ke Vietnam.

Setelah pandemi Covid-19 mereda pada tahun 2022, Rony menerima tawaran dari Korea Selatan. Karier tersuksesnya sebagai pelatih tercatat di Negeri Ginseng. Bersama An Se Young, Rony berhasil memenangi tiga kejuaraan besar dalam dua tahun terakhir, termasuk emas Kejuaraan Dunia, emas Asian Games 2022, dan terakhir emas Olimpiade Paris 2024.

Di ajang BWF Tour, An Se Young di bawah asuhan Rony Agustinus juga berhasil merebut delapan gelar juara.

Kesuksesan ini tidak hanya menjadi pencapaian bagi An Se Young, tetapi juga membuktikan kualitas pelatih Indonesia di kancah bulu tangkis dunia.

Profil Rony Agustinus

Nama lengkap: Rony AgustinusTanggal lahir: 7 Oktober 1978Cabang olahraga: Bulu tangkisNomor: tunggal putra

Prestasi Rony Agustinus sebagai pemain:

Thomas Cup 2002 Guangzhou: Medali emas (beregu putra)Asian Games 2002 Busan: Medali perak (beregu putra)Kejuaraan Asia 2000 Jakarta: Medali perak (tunggal putra)SEA Games 1999 Bandar Seri Begawan: Medali emas (beregu putra)SEA Games 1999 Bandar Seri Begawan: Medali perunggu (tunggal putra)SEA Games 2001 Kuala Lumpur: Medali perak (beregu putra)SEA Games 2001 Kuala Lumpur: Medali perunggu (tunggal putra)Kejuaraan Dunia Junior 1996 Silkeborg: Medali perunggu (tunggal putra)

Topik Menarik