Pengerjaan Stadion Kanjuruhan Malang Molor, Diperkirakan Selesai Desember 2024

Pengerjaan Stadion Kanjuruhan Malang Molor, Diperkirakan Selesai Desember 2024

Olahraga | sindonews | Rabu, 29 Mei 2024 - 23:59
share

Proses pembangunan Stadion Kanjuruhan Malang dipastikan molor. Sedianya stadion di Jalan Trunojoyo, Kelurahan Kedungpendaringan, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, bakal selesai di bulan Agustus atau September 2024 mendatang.

Namun hal ini dipastikan molor usai PT Waskita Karya selaku pihak yang mengerjakan proyek renovasi stadion menyebut, pengerjaan stadion baru berlangsung mendekati 50 persen, dan 80 persen untuk pengerjaan strukturnya.

"Saat ini sudah mendekati 50 persen tepatnya 48 persen, lingkup pekerjaannya, pekerja struktur kami sudah 80 persen selesai, kata Vino Teguh Pramudia, selaku Projects Manajer PT Waskita Karya, pada Rabu (29/5/2024).

Rencananya pihak PT Waskita Karya selaku pelaksana proyek renovasi stadion dalam waktu dekat akan melakukan pekerjaan struktur di bawah pintu 13, yang menjadi lokasi terbanyak pada korban tragedi Kanjuruhan meninggal. Makanya pihaknya meminta izin dan doa kepada para keluarga korban, untuk kelancaran revitalisasi area di sekitar pintu 13, Stadion Kanjuruhan, Malang.

"Di kesempatan kan sekalian minta restulah ke perwakilan korban juga, bahwa harus dilakukan pekerjaan struktur di bawah pintu 13. Ke depannya pasti kita kejar kerja arsitek. Terus mungkin pemasangan bangku, atap," ucap dia kembali.

Awalnya pengerjaan stadion memang diperkirakan bisa digunakan untuk upacara di Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada Agustus, tetapi kata Vino pengerjaan proyek akan dimaksimalkan sesuai kontrak di bulan Desember 2024.

"Target penyelesaian secara kontrak kan Desember ya. Terus upaya percepatan kami laksanakan. Apalagi tadi dari manajemen info kan liga mau dimulai di bulan Agustus. Harapannya nggak jauh di bulan Agustus, mungkin satu dua bulan setelah Agustus ya kita harus bersiap," jelasnya.

Vino menegaskan, optimistis bila di Desember 2024 mendatang bisa selesai meski secara pekerjaan saat ini di angka 50 persen. Tetapi pada pengerjaan konstruksi dasar stadion disebut sudah di angka 80 persen yang membuatnya optimis.

Saat ini dari 80 persen pengerjaan struktur, pekerjaan struktur dasar stadion, tiang lampu untuk penerangan, pengadaan lift untuk kaum disabilitas, dan item-item lain, seperti pendingin udara atau AC, juga sudah dilaksanakan.

"Kami masih optimis sekali ya karena memang pekerjaan renovasi sekarang ini paling sulit awalnya itu pekerjaan struktur. Karena sekarang pekerjaan struktur sudah 80 persen selesai, ke depannya akan mudah. Karena tinggal pasang bangku, atap, dan sebagainya," tukasnya.

Pantauan MPI, pada Rabu ini (29/5/2024) terlihat sejumlah pekerja tengah memperbaiki sisi barat Stadion Kanjuruhan. Tampak sisi barat stadion di sisi tribun VIP dibongkar sebagian besar, proses pengecoran konstruksi juga masih terlihat.

Topik Menarik