Hasil Semifinal Piala AFF U16: Timnas Indonesia Ditekuk Australia 3-5

Hasil Semifinal Piala AFF U16: Timnas Indonesia Ditekuk Australia 3-5

Olahraga | bandungraya.inews.id | Senin, 1 Juli 2024 - 22:40
share

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Timnas Indonesia gagal melaju ke babak final Piala AFF U16 usai dikalahkan Australia 3-5, di Stadion Manahan Solo, pada Senin (1/7/2024) malam.

Hasil ini membuat Australia lolos ke final, sedangkan Indonesia akan menjalani laga perebutan peringkat ketiga Piala AFF U16 2024.

Muhammad Zahaby Gholy membuka keunggulan Timnas indonesia pada menit keempat. Umpan silang Matthew Ryan Baker dari sisi kiri ke tiang jauh disambut sundulan Gholy yang tak mampu dibendung kiper Jai Ajanovic.

Australia akhirnya mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-24. Tendangan bebas Amlani Tatu dari depan kotak penalti menembus gawang M Nur Ichsan.

Di menit ke-28, Timnas Indonesia harus bermain dengan 10 pemain sejak Raihan Apriansyah diganjar kartu kuning kedua usai melakukan pelanggaran keras terhadap Amlani Tatu. 

 

Pada masa tambahan waktu babak pertama, tepatnya menit ke-45+4 Quinn MacNicol mencetak gol kedua Australia yang sekaligus membuat mereka berbalik unggul. 

Selang tiga menit kemudian giliran Timnas Indonesia yang mencetak gol. Muhammad Zahaby Gholy melepaskan tendangan keras memanfaatkan bola liar dari kemelut di kotak penalti lawan. 

Kemudian pada babak kedua, di menit ke-66 Mathew Baker melakukan blunder saat melakukan intersep. Sundulan Baker di lini pertahanan mengarah kepada Tatu dan langsung melepaskan tendangan voli untuk membobol gawang Indonesia. Australia unggul 3-2 atas Indonesia.

Di menit ke-71 Australia berhasil menambah keunggulan 4-2 lewat skema serangan balik. Gol dicetak Anthony Stipe Didulica usai meneruskan umpan silang Tatu.

Di menit ke-86 penyerang Australia Anthony Stipe Didulica kembali mencetak gol. Kali ini sundulan Anthony Stipe Didulica membawa Australia unggul 5-2 atas Indonesia.

 

Indonesia mampu memperkecil ketertinggalan menjadi 3-5 lewat sundulan Josh Holong pada menit ke-90+1 usai meneruskan umpan tendangan bebas Fandi Ahmad.

Hingga pertandingan berakhir tak ada gol tambahan yang tercipta. Indonesia kalah 3-5 dari Australia. Australia pun lolos ke final Piala AFF U-16 2024 dan akan menghadapi Thailand di partai puncak.

Sedangkan Indonesia harus bermain di perebutan peringkat ketiga Piala AFF U16 2024 dan akan melawan Vietnam pada Rabu (3/7/2024).

Topik Menarik