Biodata Jude Bellingham, Pencetak Gol Kemenangan Inggris ke gawang Slovenia di Menit 95

Biodata Jude Bellingham, Pencetak Gol Kemenangan Inggris ke gawang Slovenia di Menit 95

Olahraga | sindonews | Senin, 1 Juli 2024 - 15:01
share

JAKARTA - Biodata Jude Bellingham banyak dicari setelah namanya mencetak gol kemenangan Inggris ke gawang Slovenia di menit 95.

Jude Victor William Bellingham merupakan pesepak bola kelahiran Stourbridge, Inggris, 29 Juni 2003 dan menjadi pemain profesional Inggris yang menjadi gelandang Real Madrid.

Baca Juga: Prediksi Lawan-lawan Inggris di Euro 2024 hingga Final, Swiss di Depan Mata

Jude Bellingham dianggap sebagai salah satu pesepak bola terbaik di dunia. Dia dikenal karena kemampuan teknis, tekel, visi dan penyelesaian akhir.

Pada 2023, Jude Bellingham memenangkan dua penghargaan utama untuk pesepak bola pria berusia di bawah 21 tahun: Golden Boy untuk nominasi yang bermain di Eropa selama tahun kalender terakhir, dan Trofi Kopa untuk pemain terbaik dunia pada musim sebelumnya.

Mengawali kariernya, Bellingham kecil bergabung dengan Birmingham City saat berusia 8 tahun dan menjadi pemain tim utama termuda klub ketika dia melakukan debut seniornya pada Agustus 2019, pada usia 16 tahun, 38 hari dan bermain secara reguler selama musim 2019-20.

Jude Bellingham bergabung dengan Borussia Dortmund pada Juli 2020 dan pada penampilan pertamanya menjadi pencetak gol termuda. Selama tiga musim bersama klub, dia membuat 132 penampilan dan memenangkan DFB-Pokal 2020-21; penampilannya di musim 2022-23 membantu Dortmund finis sebagai runner-up dan memberinya penghargaan Pemain Terbaik Bundesliga Musim Ini.

Pada 2023, Bellingham menandatangani kontrak dengan Real Madrid dan di musim pertamanya, menjadi pencetak gol terbanyak klub di liga, membantu Madrid memenangkan gelar liga dan Liga Champions. Bellingham pun terpilih sebagai Pemain Terbaik La Liga Musim Ini.

Bersama Timnas Inggirs, Bellingham mewakili Inggris di level U-15, U-16, U-17 dan U-21. Dia membuat penampilan pertamanya untuk tim senior pada November 2020 dan mewakili negaranya di Euro 2020, Piala Dunia FIFA 2022 dan menjadi pemain kunci di Euro 2024.

Baca Juga: Inggris Terseok-seok ke Perempat Final, Menang Lawan Slovakia lewat Drama Perpanjangan Waktu

Salah satunya ketika Jude Bellingham mencetak gol kemenangan Inggris ke gawang Slovenia pada menit ke-95. Diketahui, saat laga seakan bakal berakhir dengan kemenangan Slovakia, di menit ke-90 (+5), Inggris menyamakan skor melalui gol Jude Bellingham. Skor 1-1 memaksa laga berlanjut ke babak tambahan (extra time).

Di babak tambahan, Timnas Inggris langsung comeback. Semenit setelah kick-off, tepatnya di menit ke-91, Harry Kane menjebol gawang Slovakia. Skor 2-1. Tidak ada gol tambahan yang tercipta, dengan hasil ini Inggris lolos ke perempat final dan akan bertemu Timnas Swiss.

Topik Menarik