Menteri Agus Andrianto Resmi Pensiun Dini sebagai Anggota Polri

Menteri Agus Andrianto Resmi Pensiun Dini sebagai Anggota Polri

Nasional | okezone | Senin, 21 Oktober 2024 - 14:54
share

JAKARTA - Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan Agus Andrianto resmi pensiun dini sebagai Anggota Polri. Hal itu setelah diterbitkannya Surat Keputusan Kapolri (SKEP) Purnatugas seseorang personel Korps Bhayangkara. 

Agus Andrianto sendiri telah mengundurkan diri sebagai Wakapolri, usai resmi menjadi Menteri Kabinet Merah Putih Prabowo Subianto dan Gibran Rkaabuming Raka. 

"SKEP Purna sudah keluar," kata As SDM Polri Irjen Dedi Prasetyo dikonfirmasi Okezone, Jakarta, Senin (21/10/2024). 

Dalam hal ini, posisi Wakapolri kosong usai Komjen (Purn) Agus Andrianto telah mengundurkan diri karena memilih menjadi Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan Kabinet Merah Putih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. 

Dedi menyebut, posisi Wakapolri nantinya akan ditunjuk oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. 

"Iya betul (dipilih langsung oleh Kapolri),” ujar Dedi.

Posisi Wakapolri akan diemban oleh perwira tinggi (Pati) Polri. Namun, belum diketahui sosok yang akan menduduki kursi orang nomor dua di Korps Bhayangkara itu. Kapolri disebut yang akan menentukan Pati Polri yang pantas mengemban jabatan tersebut. 

 

“Iya masih menunggu dulu (dari Kapolri),” ujar Dedi.

Sebelumnya, Presiden Prabowo Subianto mengumumkan jajaran Kabinet Merah Putih periode 2024-2029. Salah satu yang diumumkan ialah Komjen Agus Andrianto sebagai Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan. 

Prabowo telah melantik Agus di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Senin pagi, 21 Oktober 2024. Agus dilantik bersama 47 menteri dan enam pejabat setingkat menteri. 

Topik Menarik