Sertijab, Mendag Budi Santoso Resmi Gantikan Zulhas

Sertijab, Mendag Budi Santoso Resmi Gantikan Zulhas

Terkini | okezone | Senin, 21 Oktober 2024 - 13:57
share

JAKARTA - Kementerian Perdagangan melangsungkan serah terima jabatan (Sertijab) Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso. Budi menggantikan posisi Zulkifli Hasan, Mendag Kabinet Indonesia Maju periode 2022-2024.

Pantauan di lokasi, telah hadir sejumlah pejabat pimpinan tinggi madya, fungsional, staf khusus, dan tenaga ahli Kemendag, hingga perwakilan KADI, KPPI, dan BKPN.

"Sekali lagi terima kasih atas amanah ini. Terima kasih untuk pak Zulkifli dan Pak Prabowo atas kepercayaan yang diberikan," kata Budi saat sambutannya, Senin (21/10/2024).

Sertijab ini menandai seluruh tugas, fungsi, wewenang, tanggung jawab, serta hak dan kewajiban lainnya beralih dari Zulhas ke Budi Santoso), sesuai isi berita acara Sertijab Mendag RI.

Posisi yang dicapai Budi Santoso juga merupakan sejarah baru sebagai menteri yang dipilih dari jalur karier atau profesional. Sebelumnya Presiden RI Prabowo Subianto telah melantik 48 Menteri dan 5 Kepala Lembaga dalam Kabinet Merah Putih di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Budi Santoso -yang sebelumnya merupakan Sekjen Kemendag-, mendapat amanah negara menyelenggarakan urusan di bidang perdagangan. Pelantikan menteri negara ini berdasarkan Keppres RI Nomor 133/P tahun 2024.

Dalam menjalankan tugasnya, Budi akan didampingi oleh Dyah Roro Esti yang ditunjuk Prabowo menjadi Wakil Menteri Perdagangan. Sementara Zulkifli Hasan diminta Prabowo mengisi kursi Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pangan dalam Kabinet Merah Putih.

<div class="vicon"><iframe width="100" height="400" src="https://video.okezone.com/embed/MjAyNC8xMC8yMS8xLzE4NjIzMS8zL3J5WmtMSUtoLVk4" frameborder="0" allowfullscreen></iframe></div>

Topik Menarik