Xiaomi Dilaporkan Selangkah Lagi Produksi Chipset Smartphone 3nm Pertama China

Xiaomi Dilaporkan Selangkah Lagi Produksi Chipset Smartphone 3nm Pertama China

Teknologi | okezone | Senin, 21 Oktober 2024 - 12:41
share

BEIJING - Xiaomi selama beberapa waktu telah dikabarkan sedang mengembangkan chipser smartphoneya sendiri, dan kini raksasa teknologi China itu dilaporkan telah mencapai kesuksesan penting. Menurut laporan tersebut, Xiaomi telah berhasil “taped out” SoC smartphone 3nm pertama di China.

Pengumuman tersebut datang dari Kepala Ekonom Biro Ekonomi dan Teknologi Informasi Kota Beijing di BRTV, jaringan televisi milik pemerintah di China. Namun tidak ada rincian mengenai CPU atau GPU, dan hanya menyebutkan bahwa itu adalah chip 3nm.

Laporan itu juga tidak menyebutkan apakah Xiaomi menggunakan TSMC, Samsung, atau node lain untuk produksi.

Dilansir Gizmochina, proses “tape-out” dalam desain silikon berarti chip tersebut telah mencapai tahap akhir sebelum dikirim ke fasilitas manufaktur untuk diproduksi. Dengan kata lain, Xiaomi telah berhasil menyelesaikan tahap desain dan chipnya kini siap untuk diproduksi.

Meski begitu, ini tidak berarti SoC tersebut siap untuk diproduksi massal atau digunakan di ponsel pintar. Xiaomi masih perlu menguji chip tersebut setelah diproduksi oleh pabrikan seperti TSMC atau Samsung. Selain itu, jika hasil awal (persentase chip yang berfungsi) rendah, mereka mungkin perlu mengubah proses produksi atau desain chip untuk memperbaikinya.

Sebagai informasi, Xiaomi sudah merilis smartphone dengan SoC sendiri. Mi 5C, diluncurkan pada 2017, menampilkan chip Pengpai (atau Pinecone) S1 Xiaomi, prosesor 28nm, 8-core dengan arsitektur besar-kecil dan kecepatan clock maksimum 2,2GHz.

 

Meskipun Xiaomi belum meluncurkan SoC ponsel cerdas lainnya sejak saat itu, Xiaomi telah mengembangkan chip untuk pengisian daya, manajemen baterai, dan pemrosesan sinyal gambar di seri Surge G, P, dan C. Misalnya, Xiaomi 14 Ultra menggunakan chip Surge P2 dan G1 untuk meningkatkan efisiensi pengisian daya dan memperpanjang masa pakai baterai.

Jadi, produksi chip tentu bukan hal asing lagi bagi Xiaomi. Masih harus dilihat apakah perusahaan dapat berhasil mengembangkan dan meluncurkan SoC ponsel pintarnya sendiri, dan bagaimana kinerjanya akan meningkat.

Topik Menarik