Momen Langka 8 Pesawat Tempur F16 dan Sukhoi Bentuk Formasi Kawal Jokowi ke Solo

Momen Langka 8 Pesawat Tempur F16 dan Sukhoi Bentuk Formasi Kawal Jokowi ke Solo

Nasional | okezone | Senin, 21 Oktober 2024 - 11:41
share

JAKARTA - Joko Widodo (Jokowi) bersama sang istri Iriana langsung pulang ke kampung halamannya di Solo, usai pelantikan dari upacara serah terima jabatan presiden Prabowo Subianto. Kepulangan Jokowi dikawal ketat.

Diketahui, Jokowi dan Iriana menggunakan pesawat Boeing 737 dengan nomor registrasi A-7309 Skadron Udara 17, dan berangkat dari Landasan Udara (Lanud) Halim Perdamakusuma pada Minggu 20 Oktober 2024.

Pesawat yang ditumpangi Jokowi dan Iriana mendapat pengawalan dari delapan pesawat tempur milik TNI Angkatan Udara (AU), salah satunya pesawat F-16 Fighting Falcon dari Skadron Udara 3.

"Dalam pengawalan tersebut, TNI AU mengerahkan empat pesawat F-16 Fighting Falcon dari Skadron Udara 3, dan Skadron Udara 14, tiga pesawat T-50i Golden Eagle dari Skadron Udara 15, serta satu pesawat Sukhoi SU-30 MK2 dari Skadron Udara 11," bunyi keterangan foto yang dibagikan Kementerian Pertahanan (Kemhan) di instagramnya @kemhanri, Senin (21/10/2024).

Presiden ke-7 RI, Jokowi pun memberikan apresiasi dan membalas penghormatan yang disampaikan Flight Leader pesawat tempur TNI AU, Letkol Pnb Bambang Aulia "Sphinx" Yudhistira melalui kokpit.

 

"Saya Joko Widodo mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dan pengabdian saudara-saudara semuanya,"ujar Jokowi

"Saya yakin kedaulatan udara, kedaulatan negara kita akan selalu terjaga atas pengabdian dan perjuangan saudara-saudara. Sekali lagi terima kasih," tutup Jokowi.

Topik Menarik