Profil Maruarar Sirait, Eks PDIP yang Jadi Menteri Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Pilihan Prabowo

Profil Maruarar Sirait, Eks PDIP yang Jadi Menteri Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Pilihan Prabowo

Terkini | okezone | Senin, 21 Oktober 2024 - 10:00
share

JAKARTA - Presiden Prabowo Subianto telah mengumumkan Kabinet Merah Putih pada Minggu 20 Oktober 2024 malam. Sejumlah kementerian baru dibentuk Prabowo, salah satunya Kementerian Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman.

Adapun, Maruarar Sirait ditunjuk sebagai Menteri Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman periode 2024-2029.

"Maruarar Sirait, S.I.P. Menteri Perumahan dan Kawasan Permukiman," ujar Prabowo di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Berdasarkan pengumuman tersebut maka Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berubah nomenklatur menjadi Kementerian Pekerjaan Umum serta Kementerian Perumahan dan Kawasan Permukiman.

Maruarar Sirait lahir di Medan, 23 Desember 1969. Pria yang akrab disapa Ara ini merupakan putra dari mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Sabam Sirait.

Awalnya, Ara merupakan kader dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P). Bersama PDI-P, Maruarar Sirait tiga kali terpilih menjadi wakil rakyat dan duduk di Senayan, yakni periode 2004-2009, 2009-2014, dan 2014-2019. Namun, pada pertengahan Januari 2024 dia memutuskan hengkang dari PDI-P dan bergabung dengan Gerindra.

Maruarar Sirait pernah menempuh pendidikan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Parahyangan Bandung. Selama di universitas, ia aktif dalam organisasi kemahasiswaan Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI).

Melalui organisasi kampus tersebut, Ara belajar mengenai dunia politik. Tak hanya melalui GMKI Bandung, Ara juga bergabung dengan Resimen mahasiswa Unpar yang kemudian membuatnya bergabung ke PDI-P sejak tahun 1999.

<div class="vicon"><iframe width="100" height="400" src="https://video.okezone.com/embed/MjAyNC8xMC8yMC8xLzE4NjIyMy8zL2pkWl9FQVl2MmRn" frameborder="0" allowfullscreen></iframe></div>

Topik Menarik