Mobil Dinas Presiden RI dari Masa ke Masa, Apa yang Akan Dipakai Prabowo?

Mobil Dinas Presiden RI dari Masa ke Masa, Apa yang Akan Dipakai Prabowo?

Terkini | okezone | Minggu, 20 Oktober 2024 - 11:33
share

JAKARTA – Sebagai kepala negara Republik Indonesia, Presiden tentunya membutuhkan penanganan VIP dalam berbagai hal termasuk mobil dinas untuk menunjang kegiatan kenegaraan. Pemilihan kendaraan dinas Presiden RI membutuhkan perhatian khusus dan mempertimbangkan berbagai aspek, mulai dari keamanan hingga kenyamanan.

Mercedes-Benz memiliki sejarah panjang dalam perannya menenemani Presiden Indonesia sejak era Soekarno. Ini dipamerakan oleh produsen asal Jerman tersebut dalam akun Instagram @mercedesbenzid.

"Sebuah perjalanan gemilang sepanjang pertumbuhan bangsa, Mercedes-Benz telah mendukung bangsa kita selama ini. Mari kita lihat lebih dekat bagaimana The Stars bersama presiden kita selama ini," tulis Mercedes dalam unggahan videonya.

Saat Soekarno memimpin Indonesia, ia menggunakan Mercedes-Benz 600 (W100). Sementara Presiden kedua Indonesia, Soeharto, juga terlihat menggunakan Mercedes-Benz 500 SEL (W126).

BJ Habibie yang dinobatkan sebagai Presiden ketiga Republik Indonesia juga menggunakan Mercedes-Benz S-Class (W140) sebagai kendaraan dinasnya. Sayang, ia tak lama menggunakan mobil tersebut karena harus turun dari kursi nomor satu Indonesia setelah hanya satu tahun menjabat.

Presiden keempat Abdurrahman Wahid juga pernah terlihat duduk di dalam Mercedes-Benz S-Class (W116). Kemudian di era Presiden kelima Megawati Soekarnoputri, modelnya berganti menjadi Mercedes-Benz S-Class W140.

 

Pada era kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono, Mercedes-Benz mengganti model yang digunakan oleh Presiden Indonesia. Saat itu, SBY menggunakan Mercedes-Benz S600 Guard (W221), yang sudah dibekali dengan fitur antipeluru.

Mobil tersebut juga sempat digunakan Presiden Joko Widodo di awal kepimpinannya. Hingga akhirnya pada 2019, Kementerian Sekretariat Negara, sesuai dengan anggaran yang tersedia mengadakan kendaraan keras VVIP Kepresidenan sebanyak dua unit melalui Sistem Penunjukan Langsung.

Mercedes-Benz S 600 Guard yang digunakan Jokowi ini merupakan generasi W222. Sebagai mobil kepresidenan, Mercedes-Benz S 600 Guard punya fitur keamanan nomor satu, seperti dapat melindungi penumpang di baris kedua dari serangan senjata mesin M60.

Kaca mobil S 600 Guard lebih tebal beberapa kali dibanding kaca standar. Kaca ini sangat berat sehingga butuh perangkat hidrolik untuk membuka dan menutup kaca. Mobil ini memiliki sistem udara khusus yang bisa menyediakan oksigen sendiri saat di sekeliling mobil ada gas yang berbahaya.

"Sebagai mobil resmi kepresidenan di Indonesia, Mercedes-Benz setia menemani perjalanan kepala negara di setiap periode. Sebuah testimoni kualitas kenyamanan dan kemewahan Mercedes-Benz yang disertai dengan standar keamanan tertinggi," tulis Mercedes-Benz dalam keterangan video di Instagram.

Sementara untuk Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, belum diketahui akan menggunakan mobil jenis apa. Tapi, diyakini keduanya akan menggunakan sedan listrik mewah dari Mercedes-Benz, seperti yang diperlihatkan pada akhir video.

Topik Menarik