6 Manfaat Ajaib Kulit Jeruk, Bantu Lawan Stres hingga Sehatkan Kulit

6 Manfaat Ajaib Kulit Jeruk, Bantu Lawan Stres hingga Sehatkan Kulit

Gaya Hidup | okezone | Jum'at, 18 Oktober 2024 - 15:30
share

BUKAN rahasia lagi, jeruk dikenal sebagai salah satu  buah yang kaya akan vitamin C, buah ini memiliki manfaat untuk, meningkatkan penyerapan zat besi, dan mendukung respons kekebalan tubuh yang sehat.

Namun, tahukah Anda selain buahnya, kulit jeruk juga memiliki banyak sekali manfaat loh! Menurut penelitian dari Institute of Food and Agricultural Sciences, menyebutkan  bahwa kulit jeruk punya peluang memegang kunci untuk kesehatan kardiovaskular yang lebih baik.Dikutip dari Times of India, Jumat (18/10/2024) berikut ulasan manfaat ajaib kulit jeruk. 

  • Melawan Stres Oksidatif: Stres oksidatif merupakan, ketidakseimbangan antara dua jenis molekul berbeda dalam tubuh, yaitu radikal bebas dan antioksidan. Dengan mengonsumsi kulit jeruk, Anda dapat membantu tubuh melawan stres oksidatif dan peradangan, yang berhubungan dengan kondisi seperti kanker, penyakit jantung, dan penyakit neurodegeneratif.

  • Bantu Jaga Kesehatan Jantung: Satu studi yang baru-baru ini diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan ekstrak yang terbuat dari kulit jeruk dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.
 

  • Tak hanya itu, peneliti dari Institut Ilmu Pangan dan Pertanian UF juga menyatakan bahwa, kulit jeruk akan mengubah flora usus dan membantu mencegah aterosklerosis, yang merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan penumpukan zat lemak di dinding bagian dalam arteri. Hal ini lah yang dapat menjaga kesehatan pada jantung.

  • Sumber Vitamin: Kulit jeruk  mengandung vitamin yang lebih pekat. Polifenol pada kulit jeruk punya sifat antimikroba, bisa membantu untuk mencegah terjadinya infeksi.

  • Lancarkan Sistem Pencernaan: Dalam kulit jeruk terdapat serat yang dinamakan pektin, biasanya ini berfungsi sebagai obat untuk meperlancar sistem pencernaan. Maka dari itu, mengonsumsi kulit jeruk dapat membantu meringankan sembelit dan meningkatkan fungsi pencernaan secara keseluruhan.
 

  • Untuk mengkonsumsi kulit jeruk, Anda bisa menggabungkannya dengan air panas. Minyak alami pada kulitnya akan menambah rasa jeruk sekaligus memberikan efek menenangkan pada sistem pencernaan.

  • Memperlambat Penyerapan Kadar Gula: Kandungan serat pada kulit jeruk bisa memperlambat penyerapan gula, sehingga bermanfaat bagi penderita diabetes atau masalah regulasi gula darah.

  • Menjaga Kesehatan Kulit Wajah: Kulit jeruk memiliki banyak manfaat untuk wajah, disebut bisa mengatasi jerawat dan kulit berminyak.

Tak hanya itu, kulit jeruk juga bisa membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat, mengurangi minyak berlebih, dan mencegah timbulnya jerawat. Sifat antibakteri dalam kulit jeruk juga membantu menyembuhkan dan menenangkan kulit yang teriritasi atau meradang.

Topik Menarik