Daftar Tokoh yang Tak Dipanggil ke Kertanegara tapi Ikut Pembekalan di Hambalang

Daftar Tokoh yang Tak Dipanggil ke Kertanegara tapi Ikut Pembekalan di Hambalang

Nasional | okezone | Jum'at, 18 Oktober 2024 - 10:38
share

JAKARTA - Presiden terpilih RI, Prabowo Subianto memberikan pembekalan kepada calon menteri, wakil menteri dan kepala badan yang akan duduk di kabinetnya periode 2024-2020. Pembekalan dilakukan selama dua hari di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Jawa Barat 16-17 Oktober 2024.

Sebelum memberikan pembekalan, Prabowo beberapa hari sebelumnya memanggil mereka ke kediamannya di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan. Total ada 108 tokoh yang dipanggil untuk sebagai calon pembantunya.

Dari sekian nama, ternyata ada yang tidak dipanggil ke Kertanegara, namun hadir saat pembekalan. Kehadiran mereka pun memberikan kejutan tersendiri.

Di antaranya ada Budi Gunawan, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) yang baru saja diberhentikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kehadirannya sempat memunculkan spekulasi sebagai perwakilan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Spekulasi itu merujuk dari figur Budi Gunawan yang dikenal dekat dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Kendati, PDIP belum menyatakan bergabung ke Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus, namun hangat isu pertemuan Megawati dan Prabowo.

 

Ketua DPP PDIP Deddy Yevry Sitorus menyebut, mantan Kepala BIN Budi Gunawan bukan kader partainya. Namun, diakuinya, Budi Gunawan memiliki kedekatakan dengan PDIP.

"?Bahwa Pak BG (Budi Gunawan) bukanlah Kader PDI Perjuangan tetapi seorang patriot dan Bhayangkara negara yang telah melalui proses panjang hingga menjadi seorang Jenderal Polisi yang profesional. Sehingga tidak serta merta dapat diasosiasikan sebagai kader PDI Perjuangan," katanya.

Tokoh lainnya ada Ni Luh Puspa, presenter kondang televisi swasta itu juga tak dipanggil ke Kertanegara, namun ia hadir ke Hambalang. Ni Luh Puspa dikabarkan akan mengisi pos wakil menteri.

Ace Hasan Syadzily, Wakil Ketua Umum Partai Golkar juga terlihat hadir di Hambalang. Padahal, ia sebelumnya tidak termasuk kader Golkar yang dipanggil Prabowo ke Kertanegara.

Kemudian, ada Zita Anjani. Perempuan berparas manis ini merupakan anak dari Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan. Selain anak tokoh nasional, Zita juga merupakan anggota DPRD Jakarta. Ia dikabarkan akan mengisi pos Wakil Menteri Pariwisata.

Tokoh lainnya yang tak dipanggil ke Kertanegara namun hadir saat pembekalan di Hambalang, yakni ada Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Kemuudian, ada Jaksa Agung ST Burhanuddin.

Topik Menarik