Ketika Nabi Muhammad Dibuat Sedih hingga Bikin Malaikat Penjaga Gunung Sangat Marah

Ketika Nabi Muhammad Dibuat Sedih hingga Bikin Malaikat Penjaga Gunung Sangat Marah

Terkini | okezone | Senin, 7 Oktober 2024 - 11:26
share

INILAH kisah ketika Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam dibuat sedih hingga membuat malaikat penjaga gunung jadi marah. Hal itu seperti dijelaskan dalam kitab "Shahih Bukhari" volume 4 hadits nomor 3231.

Bermula dari istri Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam bertanya mengenai hari yang lebih buruk ketimbang Perang Uhud. Ternyata ada hari tersebut menurut Rasulullah.

"Ya, itu adalah hari Aqabah di Thaif," jawab Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam.

Hari yang dimaksud oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam adalah ketika beliau menyampaikan dakwah atau pesan Islam kepada penduduk Thaif. Bukannya mendapat sambutan baik, beliau justru mengalami perlakuan kejam.

Mereka menimpuki Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam dengan batu dan sama sekali mengabaikan pesannya. Tentunya mereka juga tidak mematuhi apa yang disampaikan Rasulullah.

Setelah kejadian tidak menyenangkan, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam berbaring dan menatap matahari. Saat itu juga datanglah gumpalan awan kelabu.

Rupanya Malaikat Jibril telah datang kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Dia menyampaikan bahwa Allah Subhanahu wa Ta'ala telah mengetahui perilaku buruk penduduk Thaif.

"Allah telah menyaksikan apa yang mereka lakukan kepadamu, dan bagaimana perlakuan mereka kepadamu. Jadi Allah telah mengutus malaikat penjaga gunung untuk membantumu," ujar Malaikat Jibril.

Topik Menarik