Timur Tengah Memanas, Kanada Evakuasi 1.000 Warganya dari Lebanon

Timur Tengah Memanas, Kanada Evakuasi 1.000 Warganya dari Lebanon

Global | okezone | Minggu, 6 Oktober 2024 - 09:19
share

PARIS - Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau pada Sabtu (5/10/2024) mendesak warga Kanada yang masih berada di Lebanon untuk mendaftar agar dievakuasi dengan penerbangan khusus. Evakuasi ini telah membantu lebih dari 1.000 orang meninggalkan negara itu karena keamanan di sana memburuk.

Kanada telah mendaftarkan 6.000 orang untuk meninggalkan negara itu dan para pejabat berusaha mengevakuasi 2.500 orang lagi selama akhir pekan. Seorang pejabat di kantor Trudeau menambahkan bahwa lebih banyak penerbangan akan ditambahkan pada Senin (7/10/2024) dan Selasa (8/10/2024).

"Kami masih memiliki kursi di pesawat yang diselenggarakan oleh Kanada. Kami mendorong semua warga Kanada untuk duduk di pesawat ini dan meninggalkan Lebanon selagi mereka bisa," kata Trudeau pada pertemuan puncak para pemimpin dari negara-negara berbahasa Prancis di Prancis.

Kanada belum dapat memenuhi penerbangan dengan warganya dan telah menawarkan kursi kepada orang-orang dari Australia, Selandia Baru, Amerika Serikat (AS), dan beberapa negara Eropa.

 

Israel telah memperluas serangannya terhadap Lebanon dalam beberapa minggu terakhir setelah hampir setahun terlibat baku tembak dengan kelompok bersenjata Lebanon yang didukung Iran, Hizbullah.

Pertempuran sebagian besar terbatas di wilayah perbatasan Israel-Lebanon, yang terjadi bersamaan dengan perang Israel selama setahun di Gaza melawan Hamas.

Trudeau mengatakan gencatan senjata segera dari Hizbullah dan Israel diperlukan agar situasi dapat distabilkan dan resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dapat mulai dihormati lagi.

Topik Menarik